SDN 8 Ciseureuh Bakal Disulap Jadi Sekolah Ekologi

Jum'at, 17 Januari 2020 - 15:33 WIB
SDN 8 Ciseureuh Bakal Disulap Jadi Sekolah Ekologi
Sawah menjadi salah satu media dalam pengenalan kearifan lokal terhadap pelajar sekolah berbasis lingkungan. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta bakal menyulap SDN 8 Ciseureuh ( Sekolah Kahuripan) menjadi sekolah ekologi. Kurikulum dan program yang diterapkan pun berbasis lingkungan, sehingga menjadi percontohan bagi sekolah lain.

Kepala Disnas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengungkapkan, sekolah harus mempunyai karakter dari nilai-nilai kearifan lokal dan dekat dengan alam tempat kita hidup. Sekolah tersebut sengaja didesain dengan kontruksi bangunan terbuka. Model kontruksi itu dibuat karena didasari suhu udara Purwakarta cukup panas.

Menurut dia menjaga lingkungan sama dengan menjaga napas untuk generasi mendatang. Maka melalui sistem pendidikan yang bersifat terbuka atau istilahnya merdeka belajar, dapat diterapkan kurikulum dan program yang berbasis lingkungan.

"Melalui pendidikan dapat diambil satu tarikan napas yang panjang guna memperpanjang umur bumi. Kita bisa memperlihatkan kepada anak cucu kelak tentang udara bersih, flora, fauna, budaya dan seluruh aspek ekosistem yang ada," ujar Purwanto, Jumat (17/1/2020).

Dia menambahkan, pendidikan sebagai sebuah sistem memiliki dua dimensi, yaitu dimensi entitas dan dimensi metode. Dalam makna entitas, pendidikan memiliki beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Saling bergantung secara komprehensif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0388 seconds (0.1#10.140)