Keraton Agung Sejagat Tidak Punya Silsilah dengan Kerajaan Majapahit

Jum'at, 17 Januari 2020 - 15:07 WIB
Keraton Agung Sejagat Tidak Punya Silsilah dengan Kerajaan Majapahit
Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, merasa kaget dan prihatin dengan kemunculan Keraton Agung Sejagat. iNewsTV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Dia juga memastikan, jika Keraton Agung Sejagat yang mengklaim keturunan Majapahit, sangat jauh dari silsilah kerajaan tersebut.

“Dari data FSKN terdapat lebih dari dua ratus keraton maupun kasultanan yang telah berdiri sejak ratusan tahun silam, berada di Indonesia dan tergabung dalam FSKN. Keraton Agung Sejagat bukanlah bagian dari keturunan keratonan maupun kasultanan di tanah air,” katanya, Jumat (17/1/2020).

Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat yang juga Sultan Keraton Kasepuhan meminta pemerintah menerbitkan nama-nama resmi keraton yang berada di bawah pembinaan kemendagri dan kemendikbud, agar masyarakat tidak lagi diresahkan dengan kemunculan-kemunculan keraton baru. (Baca juga; Sunda Empire Kembali Viral di Medsos, Ini Kata Kesbangpol )

“Pemerintah diharapkan segera mengambil langkah terkait keberadaan Keraton Agung Sejagat, karena warga sekitar maupun luar kabupaten purworejo sudah resah,” ujarnya. (Baca juga; Fenomena Kerajaan Abal-abal, Wapres Sebut Banyak Orang Sakit )

Viralnya video Keraton Agung Sejagat di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menuai berbagai polemik dan keresahan masyarakat. Keraton yang diklaim masih terkait dengan Kerajaan Majapahit, bahkan telah memiliki raja dan ratu yang merupakan pasangan suami-istri. Ratusan pengikut juga telah menjadi bagian dari keraton yang diklaim akan mendamaikan dunia tersebut.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8403 seconds (0.1#10.140)