alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Bekasi Kucurkan Anggarkan Rp25 Miliar untuk Rehabilitasi Stadion Wibawa Mukti

Abdullah M Surjaya
Pemkab Bekasi Kucurkan Anggarkan Rp25 Miliar untuk Rehabilitasi Stadion Wibawa Mukti
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengucurkan anggaran sebesar Rp25 miliar untuk merehabilitasi Stadion Wibawa Mukti di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto/Dok/SINDOnews

BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengucurkan anggaran sebesar Rp25 miliar untuk merehabilitasi Stadion Wibawa Mukti di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Perbaikan itu akan dilakukan agar stadion tersebut memenuhi standar dari Federation of International Football Association (FIFA).

”Kami berharap, Stadion Wibawa Mukti menjadi salah satu enam stadion yang akan pilih FIFA untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20. Untuk itu, tahun ini kami lakukan perbaikan total,” ujar Kepada Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, Jumat (17/1/2020).

Dia berharap, stadion kebanggan warga Bekasi tersebut bisa salah satu venue yang dipilih FIFA dalam perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021 di Indonesia. Saat ini, Stadion Wibawa Mukti termasuk dari daftar 10 stadion yang diserahkan PSSI kepada FIFA untuk menggelar pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-20.



Menurut Rahmat, terpilihnya Stadion Wibawa Mukti menjadi salah satu dari 10 stadion yang dipilih PSSI sudah menjadi kebanggan bagi masyarakat Bekasi. Ditambah lagi, apabila FIFA menetapkan stadion ini sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20, tentu ini semakin membanggakan masyarakat Bekasi.

”Pastinya, kita sebagai warga Bekasi akan bangga jika stadion kita terpilih menjadi salah satu dari enam stadion yang pilih FIFA,” katanya.  Selain itu, dampak tidak langsung adalah memberikan semangat baru bagi para pemain dan pengurus Persikasi (klub bola Kabupaten Bekasi) yang belum lama ini terpuruk akibat tindak pidana penyuapan.

Rencananya, kata dia, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk perbaikan taman di luar stadion, listrik atau lampu jalan, hingga perbaikan toilet yang memenuhi standar FIFA. ”Selain itu, bangku penonton akan kita bongkar, diganti dengan yang baru dan beberapa fasilitas lainnya yang memenuhi standar FIFA,” ungkapnya.

Anggaran tersebut berasal dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2020. Sebelum melakukan perbaikan fasilitas stadion, Pemkab Bekasi akan berkoordinasi dengan PSSI maupun perwakilan FIFA.

Ketua Umum KONI Kabupaten Bekasi, Reza Luthfi Hasan menyatakan Stadion Wibawa Mukti memang sangat layak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal itu dilihat dari infrastruktur stadion, sarana penunjang, akses jalan, maupun pengalaman sebagai tuan rumah di ajang sebelumnya.

”Keputusan tepat memilih Stadion Wibawa Mukti, standar AFC, venue Asian Games, Piala Asia U-19, laga persahabatan internasional yang menjadi agenda resmi FIFA pun dimainkan di Wibawa Mukti. Stadion ini juga jadi tempat TC (pemusatan latihan) Timnas, mulai U-16, U-19, U-23, hingga Timnas senior,” katanya.

Diberitakan sebelumnya badan otoritas sepak bola dunia FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkannya secara resmi seusai memimpin general meeting FIFA di Shanghai, China pada Kamis (24/10/2019).



(wib)

preload video