Sunda Empire Kembali Viral di Medsos, Ini Kata Kesbangpol

Jum'at, 17 Januari 2020 - 10:23 WIB
Sunda Empire Kembali Viral di Medsos, Ini Kata Kesbangpol
Jauh sebelum Kerajaan Keraton Agung Sejagat menghebohkan masyarakat, di Kota Bandung pernah muncul Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda pada 2018. Foto/Sunda Empire
A A A
BANDUNG - Jauh sebelum Kerajaan Keraton Agung Sejagat pimpinan Totok Santosa Hadiningrat dan permaisuri Dyah Gitarja di Provinsi Jawa Tengah menghebohkan masyarakat, di Kota Bandung pernah muncul Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda pada 2018.

Namun seiring kemunculan Kerjaan Keraton Agung Sejagat, media sosial kembali diramaikan dengan fenomena Sunda Empire. Foto-foto dan video pimpinan serta anggota Sunda Empire menyebar cepat di dunia maya.

Kepala Kesbangpol Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, pihaknya akan menelusuri keberadaan komunitas Sunda Empire. "Kami akan telusuri dulu yah," kata Ferdi saat dihubungi, Jumat (17/1/2020).

Dari hasil penelusuran nanti, Ferdi akan menindaklanjuti dengan langkah-langkah sesuai aturan hukum yang berlaku. "Intinya negara kita negara hukum. Jangan berbenturan dengan aturan," ujarnya.

Berdasakan informasi yang dihimpun, komunitas tersebut sempat menggelar deklarasi pada 2018 di Isola, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung. Komunitas Sunda Empire mengklaim pemerintahan dunia segera berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Salah satu pengikut Sunda Empire pada akun Facebook Renny Khairani Miller membagikan sejumlah foto kegiatan Sunda Empire. Dia mengunggah beberapa foto dengan ratusan orang tampak mengenakan seragam yang mirip dengan militer. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire Earth Empire.

Di akun Facebook Renny Khairani Miller memberikan keterangan yang menyebut bahwa pemerintahaan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020. Berikut petikan dalam keterangan unggahannya.

"SUNDA EMPIRE - EARTH EMPIRE, Dalam menyambut Indonesia baru yg lebih makmur dan sejahtera, dgn system pemerintahan dunia yg dikendalikan dari koordinat 0.0 di Bandung sebagai Mercusuar Dunia. Masa pemerintahan Dunia yg sekarang akan segera berakhir sampai dgn tgl 15 Agustus 2020. Mari kita persiapkan diri kita utk menyongsong kehidupan yg lebih baik dan sejahtera. Agar kita tdk menjadi budak di negara sendiri dan hidup hanya utk membayar tagihan yg terus naik dan biaya hidup yg terus melambung tinggi apalagi biaya pendidikan anak yg tdk gratis, setelah itu kita tua dan mati, terus pikniknya kapan?" di posting pada 9 Juli 2019.

Namun postingan Renny Khairani Miller ini telah dihapus dan terakhir dapat diakses pada 16 Januari 2020. Selain itu, penelusuran lainnya didapat dari akun media instagram bernama @youspesbar juga mengunggah kegiatan yang sama. Di foto yang diunggah pada 27 Maret 2018, tampak ratusan orang berkumpul di sebuah tempat yang familiar di Bandung, dengan mengenakan seragam hitam dan membawa spanduk besar bertuliskan Sunda Empire Earth Empire.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2254 seconds (0.1#10.140)