alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pria Berkopiah Terekam CCTV Curi Rp500.000 di Kotak Amal Masjid

Adi Haryanto
Pria Berkopiah Terekam CCTV Curi Rp500.000 di Kotak Amal Masjid
Pengurus DKM Masjid Jami Al-Mubarokah di Kampung Kancah, RT 01/14, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, KBB, menunjukkan kerusakan kunci kotak amal yang dibongkar pencuri pada Rabu (15/1/2020) lalu. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Aksi pria berkopiah sedang mencuri uang di kotak amal Masjid Jami Al-Mubarokah di Jalan Terusan Sersan Bajuri, Kampung Kancah, RT 01/14, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terekam CCTV.

Pelaku yang beraksi pada Rabu (15/1/2020) itu berhasil menguras seluruh uang yang ada di kotak amal tersebut sebesar sekitar Rp500.000, namun akibat terekam kamera pengintai aksinya menjadi viral di media sosial.

Ketua DKM Masjid Jami Al-Mubarokah Rahmat mengatakan, aksi pencurian uang di kotak amal masjid ini sudah terjadi sebanyak 10 kali. Dari hasil rekaman CCTV pelakunya berbeda-beda dan bukan warga sekitar.



Seperti pada kejadian Rabu lalu itu, pelakunya mengenakan pakaian berwarna hitam dan memakai kopiah berwarna putih. Dia masuk ke masjid yang saat itu dalam kondisi sepi dan tidak terkunci.

"Di sini sering terjadi kehilangan uang di kotak amal. Ini adalah kejadian kesepuluh dan berhasil terekam CCTV," terangnya saat ditemui, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, para pelaku biasanya merusak kunci gembok, kemudian mengambil semua uang yang ada dalam kotak amal. Biasanya mereka beraksi saat jamaah masjid sudah pulang.

Apalagi lokasi masjid yang berada di pinggir jalan membuat para pelaku pun mudah untuk melarikan diri. Secara total, dirinya belum menghitung percis berapa kerugian uang yang diambil dari 10 kali aksi pencurian yang sudah terjadi.

"Kami menduga mereka (pelaku) orang luar, yang sudah mengincar kotak amal itu. Lalu sambil lewat masuk ke lingkungan masjid dan mengambil uang di kotak amal," tuturnya.

Sementara Kasi Trantibum Kecamatan Parongpong, Amas Winata meminta masyarakat agar lebih waspada terhadap orang yang tidak dikenal yang masuk ke lingkungan warga.

Hal ini sebagai antisipasi adanya kasus pencurian, dan khusus ke pengurus DKM mestinya memasang stiker bahwa masjid ini dilengkapi CCTV sehingga pencuri menjadi takut duluan. Selain meningkatkan keamanan, adanya CCTV juga dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kejahatan.

"Lebih bagus lagi dipasang papan imbauan kalau di tempat ini terpasang CCTV. Ya minimal pelaku jadi takut, segan, dan tidak jadi beraksi," urainya.



(awd)