alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kerangka Manusia di Rumah Kosong Sukamenak Indah Diduga Tunawisma

Agus Warsudi
Kerangka Manusia di Rumah Kosong Sukamenak Indah Diduga Tunawisma
Polisi memeriksa kerangka manusia yang ditemukan di rumah kosong Kompleks Perumahan Sukamenak Indah, Margahayu, Kabupaten Bandung. Foto/Dok.Polresta Bandung

BANDUNG - Kerangka manusia yang ditemukan di sebuah rumah kosong Kompleks Sukamenak Indah Blok I 61 RT 06/04, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, pada Rabu 15 Januari 2020, diduga tanawisma.

Dugaan itu disampaikan Kasatreskrim Polresta Bandung AKP Agtha saat diwawancarai wartawan, Kamis (16/1/2020).

Agtha mengatakan, penyelidikan mengenai kerangka tersebut masih terus dilakukan. Namun jika dilihat dari kondisi kerangka manusia yang temukan di lokasi, diduga korban telah lama meninggal dunia.



"Kalau dari keterangan pemilik rumah bahwa rumah tersebut kosong dan tidak dihuni oleh siapapun. Bisa jadi (kerangka manusia) tunawisma," kata Agatha.

Kasat Reskrim mengemukakan, pintu samping rumah berlantai dua tersebut tidak dikunci. Sehingga, ada dugaan korban yang kerangkanya ditemukan di sofa ruang tengah rumah tersebut, masuk melalui pintu samping tersebut.

"Kalau dilihat dari kondisi rumah itu yang dikunci bagian depan. Bagian samping tidak terkunci. Mungkin tunawisma hendak berteduh. Tapi semuanya masih kami dalami," ujar Kasat Reskrim.

Sementara itu, Kapolsek Margahayu Kompol Agus Wahidin mengatakan, sampai sejauh ini identitas dan jenis kelamin kerangka manusia itu belum bisa diketahui. Berdasarkan penyelidikan petugas, tidak ditemukan bekas kekerasan di kerangka tersebut. "Tulang-tulang yang terlepas itu akibat proses pembusukan," kata Agus.

Diketahui, Suherman, terkejut saat menemukan kerangka manusia di rumah kosong milik Johan Rismana di Kompleks Sukemanak Indah pada Selasa 14 Januari 2020 siang. Saat itu Suherman diperintah oleh pemilik rumah Johan Rismana untuk membersihkan rumah berlantai dua tersebut.

Setelah menerima laporan, petugas Polresta Bandung dan Polsek Margahayu meluncur ke lokasi kejadian dan meminta keterangan dari saksi-saksi, Suherman, warga Cibeureum, Cimahi Selatan, Kota Cimahi dan pemilik rumah Johan Rismana, warga Jamika, Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Saksi Suherman mengaku terakhir membersihkan pekarangan rumah kosong tersebut pada Mei 2019 dan belum pernah masuk ke dalam rumah. "Di bagian ruang tamu terdapat bekas bungkus kabel yang telah dibuka dan diambil tembaganya.

Sedangkan pemilik rumah Johan Rismana menyatakan membeli rumah tersebut pada Februari 2014, sudah dalam keadaan kosong dan belum pernah ditempati dan direnovasi. Kerangka manusia tersebut kini berada di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung.



(awd)