alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hama Tikus Serang Pertanian di Cirebon

Toiskandar
Hama Tikus Serang Pertanian di Cirebon
Untuk membasmi hama tikus, para petani melakukan perburuan massal untuk melindungi benih dan sawah yang baru ditanam, Kamis (16/1/2020). iNewsTV/Toiskandar

CIREBON - Sudah dua pekan terakhir, hama tikus menyerang benih padi puluhan petani di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk membasmi hama tikus, para petani melakukan perburuan massal untuk melindungi benih dan sawah yang baru ditanam, Kamis (16/1/2020).

Para petani secara bersama sama berburu tikus atau gropyok tikus, dengan cara menggali lubang tikus dan menangkapnya. Kurang dari dua jam, sekitar 50 ekor tikus berhasil ditangkap. Hal ini sudah dilakukan para petani dalam beberapa hari terakhir.

Selain menggali lubang, para petani setiap malam juga memasang jebakan tikus di pinggir areal persawahan.  Bahkan hampir setiap malam para petani terpaksa bermalam di tengah sawah untuk menjaga dari serangan hama tikus.



“Selama dua jam, lebih dari 50 tikus berhasil ditangkap. Perburuan tikus secara massal sudah dilakukan petani dalam beberapa hari terakhir. Sudah berhasil menangkap ratusan tikus,” kata Muhari, seorang petani.

Menurut Camat Pangurangan, Yono Purnomo, hama tikus ini sudah menyerang di hampir seluruh desa di Kecamatan Pangurangan dengan luas area mencapai 1.686 hektare. Diharapkan dengan perburuan hama tikus secara bersama oleh petani ini dapat mengurangi hama tikus yang menyerang lahan pertanian.



(wib)