Kabupaten Bekasi Bakal Miliki Terminal Barang Multimoda

Kamis, 16 Januari 2020 - 12:46 WIB
Kabupaten Bekasi Bakal Miliki Terminal Barang Multimoda
Kabupaten Bekasi segera memilik terminal barang multimoda yang akan dibangun oleh pemerintah pusat. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Kabupaten Bekasi segera memilik terminal barang multimoda yang akan dibangun oleh pemerintah pusat. Pembangunan terminal tersebut rencananya sebagai tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian truk di Bekasi, sebelum masuk wilayah DKI Jakarta.

Bupati Bekasi, Eka Supri Atmadja mengatakan, pembahasan dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) masih dilakukan untuk percepatan rekomendasi tata ruang provinsi dan penetapan lokasi terminal barang multimoda di Kabupaten Bekasi."Masih tahap pembahasan untuk segera direalisasikan," katanya, Kamis (16/1/2020).

Saat ini, kata dia, pemerintah daerah dengan pusat sedang membahasan tahap percepatan pembangunan terminal barang ini. Apalagi, Kabupaten Bekasi nanti dilibatkan untuk ikut merancang transportasi multimoda ini dengan harapan semua angkutan bisa diatur dengan adanya terminal barang multimoda ini.

Eka menilai dengan dibangunnya terminal barang di Kabupaten Bekasi ini dengan dasar wilayahnya sebagai kawasan industri terbesar se Asia Tenggara. Karena, akses jalan di Kabupaten Bekasi merupakan daerah dengan pola harian tertinggi yang paling sering dilintasi oleh kendaraan barang untuk wilayah Jabodetabek.

Selain itu, lanjut dia, perjalanan orang dan barang di Jabodetabek di dominasi oleh perjalanan menuju pusat kota Jakarta. Sehingga hal tersebut berpotensi terjadi kepadatan atau melonjaknya volume kendaraan yang menyebabkan kemacetan parah diwilayah penyangga DKI Jakarta."Kondisi itu terjadi pada saat pagi dan sore di hari hari kerja," ujarnya.

Eka menjelaskan, ke depan mobil-mobil pengangkut barang seperti truk tidak lagi masuk ke jalur kota, melainkan ada terminal khusus untuk mobil pengangkut barang tersebut. Rencananya, lokasi untuk terminal ini berada di perbatasan dengan Karawang yaitu di Kecamatan Kedung Waringin.

Kepala BPTJ Kementrian Perhubungan, Bambang Prihartono mengatakan, sudah sepatutnya terminal barang multimoda ini dibangun di Kabupaten Bekasi. Sebab, lalu lintas kendaraan besar dari kawasan industri sangat besar."Jadi untuk mengurai kemacetan dibutuhkan terminal barang multimoda ini di Bekasi," katanya.

Adapun strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah, kata dia, dengan pengaturan rute jaringan lintas angkutan barang, pelarangan arus menerus ke wilayah kota. Kemudian, pembatasan waktu bagi truk pada jam-jam sibuk, pengembangan fasilitas pusat distribusi, terminal truk, atau pusat konsolidasi logistik/gudang konsolidasi.

Kemudian pengembangan fasilitas integrasi multimoda, pembangunan ruang parkir khusus untuk truk pada kawasan pinggiran, dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi."Dengan rencana pembangunan ini diharapkan bisa akan berdampak baik untuk kegiatan ekonomi warga Kabupaten Bekasi," tutupnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8919 seconds (0.1#10.140)