Sukses Bangun Infrastruktur, Menteri PUPR Raih Gelar Doktor Kehormatan ITB

Kamis, 16 Januari 2020 - 10:57 WIB
Sukses Bangun Infrastruktur, Menteri PUPR Raih Gelar Doktor Kehormatan ITB
Dr Ir Mochamad Basuki Hadimuljono MSc meraih gelar HC dari ITB melalui sidang terbuka di Aula Barat ITB, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020). SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa/HC) kepada Dr Ir Mochamad Basuki Hadimuljono MSc melalui sidang terbuka di Aula Barat ITB, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/1/2020).

Basuki yang saat ini menjabat Menteri PUPR itu mendapat gelar HC dalam bidang pengembangan, pembangunan dan pengelolaan infrastruktur, khususnya dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa. Gelar diberikan Rektor ITB Kadarsah Suryadi.

Ketua Tim Promotor Indratmo Soekarno mengatakan, ITB memberikan Gelar Doktor Kehormatan sebagai penghargaan dan penghormatan kepada seseorang yang telah terbukti memberikan sumbangan nyata, menonjol, dengan dampak luar biasa dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi perkembangan kebudayaan bangsa dan kemanusiaan.

Menurut dia, Basuki Hadimuljono memiliki peranan sangat penting dalam bidang infrastruktur sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa. Bahkan yang bersangkutan telah berhasil menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur yang sangat kompleks dalam pelaksanaannya.

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa," ungkapnya.

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi, Basuki telah membangun berbagai infrastruktur di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Termasuk beberapa infrastruktur yang telah dibangun di kampus ITB Jatinangor. Selain itu, Basuki Hadimuljono juga telah menerima beberapa tanda penghargaan dan pengakuan, termasuk dari ITB yaitu Ganesha Praja Manggala Bakti Adiutama ITB tahun 2017.

Berdasarkan prestasi serta kontribusinya dalam bidang pembangunan, pengembangan dan pengelolaan infrastruktur di Indonesia, khususnya infrastruktur dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa. Tim Promotor meyakini bahwa Dr M Basuki Hadimuljono telah menghasilkan karya nyata, yang hasilnya telah dirasakan dalam peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA mengatakan, penganugerahan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan 100 tahun ITB sebagai institusi Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia. Basuki Hadimuljono adalah abdi negara yang sangat berdedikasi dan pekerja keras di Departemen Pekerjaan Umum dan sebagai seorang birokrat yang sangat andal, tangguh dan menunjukkan kepeloporannya.

ITB juga berterima kasih karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah banyak melakukan kerja sama dengan ITB, baik berupa bantuan prasarana pendidikan, menyediakan tempat kerja praktek bagi mahasiswa, maupun melibatkan civitas akademika dalam berbagai kegiatan yang menyangkut kepakaran di ITB.

Sementara itu, dalam orasinya Basuki menyampaikan tentang sumber daya air di Indonesia. Menurut dia, potensi sumber daya air di Indonesia menempati posisi kelima di dunia. Saat ini, pihaknya sedang giat membangun bendungan untuk memaksimalkan sawah rawa. Sehingga diharapkan terjadi kemandirian pangan di Indonesia.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4377 seconds (0.1#10.140)