Dansektor 21 Pantau Progres Pelaksanaan Program Citarum Harum

Selasa, 14 Januari 2020 - 22:43 WIB
Dansektor 21 Pantau Progres Pelaksanaan Program Citarum Harum
Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusep Sudrajat saat memantau progres yang telah dilaksanakan Satgas TNI dalam mengembalikan kelestarian ekosistem DAS Citarum, di Cimahi, Selasa (14/1/2020). Foto/Dok.Pendam Siliwangi
A A A
CIMAHI - Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengajak berbagai pihak yang selama ini terlibat dalam program Citarum Harum untuk melihat progres yang telah dilaksanakan Satgas TNI dalam mengembalikan kelestarian ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS).

Kegiatan bertajuk 'Sehari Bersama Dansektor 21' yang dipusatkan di Rusunawa Cibeureum, Cimahi selatan, Kota Cimahi ini, diikuti oleh sejumlah elemen mulai dari instansi pemerintah, swasta, perusahaan, organisasi, komunitas, hingga media, Selasa (14/1/2020).

"Kegiatan di awal 2020 ini sekaligus sebagai refleksi perjalanan selama dua tahun atas upaya, rencana, dan aksi yang telah dilaksanakan Satgas Citarum Harum, khususnya Sektor 21," kata Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat dalam rilis yang diterima SINDOnews, Selasa (14/1/2020).

Dansektor 21 menyampaikan apresiasi atas komitmen dan konsistensi semua pihak terkait dalam mendukung pelaksanaan program Citarum Harum.

Tujuannya agar tercipta lingkungan yang lestari demi berlangsungnya kehidupan anak cucu generasi mendatang. Pengawasan lingkungan dari berbagai pencemaran daerah aliran sungai khususnya pencemaran limbah akan terus diintensifkan.

Oleh sebab itu selain dukungan dari instansi terkait, para pelaku usaha, akademisi, dan komunitas lingkungan, kehadiran dan konsistensi media juga sangat diperlukan agar program ini dapat terus dipublikasikan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran lingkungan di tengah masyarakat.

"Kegiatan sekecil apapun kalau diberitakan media massa masyarakat akan tahu, tapi sebesar apapun kegiatan kalau tidak dipublikasikan tidak akan kedengaran," ujar dia.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan mengunjungi wilayah Subsektor 21-06 Citepus, tepatnya di Kampung Sekeandur, RW 7, Desa Cangkuang Wetan, Dayeuhkolot.

Dansektor 21 bersama pejabat Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum R Yayat Yuliana selaku PPK Operasi dan Pemeliharaan I SDA Citarum, meninjau progres pembuatan jalur inspeksi Sungai Citepus penghubung antara kampung Sekeandur (RW 8) dan Kampung Bojongsereuh (RW 7) Desa Cangkuang Wetan.

Sejauh ini, tutur Yusep, Satgas Subsektor 21-06 Citepus telah melakukan sosialisasi, khususnya kepada warga di RW 7 Cangkuang Wetan yang tinggal di bantaran sungai Citepus.

Melalui pendekatan dan memberikan pemahaman secara persuasif, warga akhirnya membongkar sebagian bangunan tempat tinggalnya dengan sukarela demi mendukung upaya Satgas Citarum Harum merealisasikan pembuatan jalan inspeksi Sungai Citepus.

PPK Operasi dan Pemeliharaan I SDA Citarum R Yayat Yuliana mengatakan, pihaknya akan mengupayakan realisasi pembuatan jalan inspeksi ini. Dirinya mengakui untuk saat ini belum ada slot anggaran, namun dirinya meyakinkan warga dan perangkat desa akan membantu mencari sumber anggaran dari slot anggaran lain.

"Terus terang saat ini kami hanya menangani anggaran operasional Satgas Citarum di seluruh sektor, tapi kami akan upayakan dengan anggaran lain, seperti sisa lelang proyek yang tidak terlaksana," kata Yayat.

Kegiatan ini juga diisi dengan mengunjungi PT Alenatex di Jalan Mohammad Toha. Untuk menyaksikan dan mengecek progres pembangunan IPAL. Kemudian mendatangi beberapa pabrik penghasil limbah cair di Cimahi selatan wilayah Subsektor 21-13.

Dalam kegiatan itu hadir pula Kadis LH Cimahi M Ronny, Ketua Citarum Institut Eki Baihaki, dan Camat Cimahi Selatan Tuti Hestiantina.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.7652 seconds (0.1#10.140)