alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Stadion GBLA hanya untuk Latihan, Belum Bisa Jadi Home Base Persib

Agus Warsudi
Stadion GBLA hanya untuk Latihan, Belum Bisa Jadi Home Base Persib
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) dan Direktur PT PBB Teddy Tjahyono saat meninjau Stadion GBLA. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dipastikan tak bisa dijadikan home base dan menggelar pertandingan bagi Persib Bandung. Pasalnya, bagian tribun penonton di stadion tersebut dalam proses perbaikan.

Selain itu, belum ada serah terima resmi dari pengembang PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung. Jadi untuk sementara, Stadion GBLA hanya bisa digunakan untuk latihan Persib Bandung.

Kepastian tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. "Kami baru bicara untuk (digunakan) latihan dulu. (Permasalahannya renovasi dan serah terima dari pengembang) belum (selesai). Tapi saya pikir pemanfaatannya (GBLA) jangan terganggu ya, karena (aset) tahap 1 lapangan sudah bisa digunakan," kata Yana saat meninjau Stadion GBLA di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.



Dia mengemukakan, bagian dari Stadion GBLA yang bisa digunakan hanyalah lapangan. Sedangkan untuk tribun penonton belum bisa digunakan karena masih terkendala penyerahan aset dengan pengembang.

Diketahui, Stadion GBLA terbelit permasalahan terkait aset yang belum sepenuhnya diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Aset yang bermasalah itu merupakan aset tahap 2 yang meliputi bagian bangunan tribun penonton.

Selain itu, Stadion GBLA juga sempat disegel oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri selama proses penyelidikan dan penyidikan kasus korupsi pembangunan stadion itu.

Maka dari itu hal tersebut menjadi penghambat bagi Pemkot untuk mengelola pembenahan beberapa bangunan yang retak akibat kontur tanah yang turun. Akibatnya, pihak kepolisian tak memberi izin untuk penggunaan pertandingan karena kerawanan.

Meski demikian, Yana menyebut bahwa pihaknya masih terus berkomunikasi dengan PT Adhi Karya selaku pengembang Stadion GBLA. Dia berharap permasalahan tersebut segera terselesaikan demi kemanfaatan bersama.

"Kan kami cukup sulit itu. Kami ga bisa paksa pihak lain. Tapi komunikasi terus dilakukan. Mudah-mudahan aset milik rakyat sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk Persib," ujar Wakil Wali Kota.

Yana menuturkan, Persib akan bisa menggunakan lapang Stadion GBLA untuk latihan seusai menjalani kompetisi Asia Challenge Cup pada 18-19 Januari 2020 mendatang.

Sementara itu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono menyambut baik rencana penyediaan Stadion GBLA untuk Persib meski sekadar untuk latihan. "Dengan tempat latihan permanen akan memudahkan Persib bisa berlatih dengan baik," kata Teddy.

Disinggung tentang Stadion GBLA menjadi home base Persib, Teddy mengemukakan, pihaknya akan mendiskusikan lebih lanjut dengan pemerintah kota. "Karena seperti yang tadi pa Yana ungkapkan ada beberapa hal yang harus diselesaikan," ujar Teddy.



(awd)