alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

PSU Pilwalkot Cirebon, TPS Ini Sepi Peminat

Toiskandar
PSU Pilwalkot Cirebon, TPS Ini Sepi Peminat
Suasana sepi antara lain terlihat di TPS 17 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Hanya sedikit pemilih yang berminat salurkan hak politik dalam PSU Pilwalkot Cirebon. Foto/MNC Media/Toiskandar

CIREBON - Pemungutan Suara Ulang (PSU) digelar di 24 TPS di Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (22/9/2018) pagi. Sejumlah TPS  yang menggelar PSU Pilwalkot Cirebon ini terlihat sepi.

Suasana sepi antara lain terlihat di TPS 17 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. TPS ini kondisinya sangat sepi dan kurang diminati warga. Bahkan, hingga pukul 09.00, dari 360 daftar pemilih tetap, kurang dari 100 orang yang baru menyalurkan hak pilihnya.

Sebelum digelarnya PSU Pilwalkot Cirebon ini, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah melakukan sosialiasi dan mengimbau warga untuk menyalurkan hak pilihnya. Namun, PSU yang digelar di hari kerja membuat banyak warga tidak hadir menyalurkan hak pilihnya.

Dari catatan TPS 17, pada 27 Juni lalu sekitar 100 warga tidak hadir dalam pemungutan suara. Pihak TPS pun tidak yakin dalam PSU ini warga sepenuhnya hadir lantaran sebagian besar di antaranya kerja.

Namun, Ketua KPPS 17 Siti Eroh terus berusaha melakukan imbauan agar warga yang tengah berada di rumah untuk datang ke TPS.

Sedikitnya ada 24 tps yang tersebar di enam kelurahan dari empat kecamatan menggelar PSU. Hal ini dilakukan pascaputusan Mahkamah Konstitusi yang meminta KPU Kota Cirebon menggelar PSU. Hal tersebut dilakukan setelah salah satu calon mengajukan gugatan karena adanya pembongkaran kotak suara yang tidak sesuai dengan prosedur.

Sebelumnya, berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, pasangan Bamunas Setiawan Boediman dan Effendi Edo meraih dukungan 78.511 suara. Sedangkan pasangan Nashrudin Azis dan Eti Herawati memperoleh suara sebanyak 80.496 suara.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif