KPU Tetapkan DCT Caleg DPRD Jabar 1.586 Orang

Jum'at, 21 September 2018 - 17:45 WIB
KPU Tetapkan DCT Caleg DPRD Jabar 1.586 Orang
KPU Jabar menetapkan DCT anggota legislatif DPRD Jabar sebanyak 1.586 orang dalam rapat pleno yang digelar, Jumat (21/9/2018). Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif DPRD Jabar sebanyak 1.586 orang dengan perincian 975 laki-laki dan 611 perempuan.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, dengan jumlah caleg yang ditetapkan tersebut, keterwakilan perempuan sudah terpenuhi, yakni 38%.

Dalam proses penetapannya, kata Yayat, terdapat sejumlah dinamika yang terjadi dari para pendaftar. Di antaranya, penambahan calon dari Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak tiga orang. Selain itu, ada juga beberapa calon yang memutuskan mengundurkan diri dari kontestasi.

"Ada calon yang mengunduran diri. Yang perempuan bisa diganti (dengan nama lain) kalau laki-laki tidak bisa," kata Yayat seusai Rapat Pleno Penetapan DCT Anggota Legislatif DPRD Jabar di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Jumat (21/9/2018).

Calon laki-laki yang mengundurkan diri sebanyak tiga orang, masing-masing dari PPP, PAN, dan PSI. Sedangkan calon perempuan yang mengundurkan diri dari Nasdem, Gerindra, dan Hanura.

"Total ada enam orang yang mengundurkan diri. Kalau (calon legislatif) yang perempuan, dua atau tiga hari sebelum penetapan DCT, ada yang meninggal dari Gerindra dapil Bekasi, tapi sudah diganti (calon lain)," ujar dia.

Setelah DCT ditetapkan, tutur Yayat, KPU Jabar akan mengumumkannya kepada masyarakat selama tiga hari ke depan dan para caleg ini bisa berkampanye mulai 24 September 2018. "Kampanyenya bisa dalam bentuk tatap muka atau blusukan," tandas Yayat.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.2028 seconds (0.1#10.140)