alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Bencana, Polsek Plered Bentuk Timsus Pantau Titik Rawan

Asep Supiandi
Antisipasi Bencana, Polsek Plered Bentuk Timsus Pantau Titik Rawan
Kapolsek Plered Kompol Slamet Harijanto memberikan pengarahan seputar penanganan bencana alam. Berbagai persiapan dilakukan guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi

PURWAKARTA - Polsek Plered memperkuat komunikasi dengan unsur pemangku kepentingan di Kecamatan Plered dan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta guna antisipasi bencana alam.

Apalagi beberapa lokasi di dua kecamatan itu termasuk rawan termasuk rawan longsor. Khusus di Kecamatan Tegalwaru, pihak kepolisian setempat sudah membentuk tim khusus penanggulangan bencana tingkat kecamatan.

Tim yang mengolaborasikan unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) dan masyarakat sudah mulai bekerja dengan melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan.



“Komunikasi di antara muspika terus diperkuat dengan pembentukan tim khusus penanggulangan bencana alam. Kami selalu siaga terhadap ancaman bencana alam yang bisa sewaktu-waktu terjadi,” kata Kapolsek Plered Kompol Slamet Harijanto kepada SINDOnews, Jumat (10/1/2020).

Slamet bersyukur karena sejak awal tahun, belum ada persitiwa bencana alam yang terjadi di wilayah hukum Polsek Plered. Meskipun intensitas hujan cukup tinggi yang mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang banjir. “Mudah-mudahan tidak terjadi bencana alam,” ujar dia.

Akan tetapi, tutur Slamet, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh tim khusus jika bencana alam terjadi. Di antaranya kesiapan peralatan atau alat berat yang berkoordinasi dengan instansi terkait. Juga pola evakuasi yang diterapkan kepada korban bencana alam.

Sementara itu, jajaran Polres Purwakarta kembali menggelar aksi tanam pohon. Kali ini mereka menanam di lahan kosong di sekitar kompleks Asrama Polisi Tegalsari serta lahan Perhutani, Kampung Jatimulya, Kecamatan Bungursari. Pohon yang ditanam bervariasi, dari pohon mangga, mahoni, hingga jati.



(awd)

preload video