Stasiun BBM Bandung Raih Proper Emas Berkat Program Ini

Jum'at, 10 Januari 2020 - 11:18 WIB
Stasiun BBM Bandung Raih Proper Emas Berkat Program Ini
Stasiun BBM Bandung Group meraih predikat Proper Emas dari KLHK. Foto/Dok.Humas Pertamina
A A A
BANDUNG - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Jawa Bagian Barat, Stasiun BBM Bandung predikat Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Predikat ini diraih selama tiga tahun berturut-turut.

Predikat ini merupakan program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper). Penilaian diberikan kepada perusahaan milik negara atau swasta, sebagai pemeringkat atas upaya menjaga lingkungan.

Proses penjuriannya melibatkan evaluasi terhadap penerapan sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, program 3R pada limbah B3 padat dan non-B3, serta pemberdayaan masyarakat di sekitar daerah operasi.

GM MOR III Tengku Fernanda mengatakan, pencapaian Proper Emas oleh Terminal BBM Bandung Group merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut.

"Peringkat ini diharapkan memacu kami untuk terus meningkatkan peran perusahaan dalam mengelola tata lingkungan dan hubungan dengan para pemangku kepentingan yang baik, serta terus mengembangkan berbagai program inovasi, penggunaan sumber energi yang efisien dan ramah lingkungan, serta pengembangan masyarakat," kata dia dalam siaran persnya, Jumat (10/1/2020).

Beberapa program ungulan pemberdayaan masyarakat yang mendukung raihan Proper Emas di Terminal BBM Bandung Group antara lain mobil homecare dan sistem pendidikan di sekolah anak berkebutuhan khusus berbasis masyarakat Dreamable. Juga ada bengkel Pertamax Otopreneur di Kampung Babakan, serta pengolahan sampah Biokonversi di kelurahan Rancanumpang, Bandung.

Terminal BBM Bandung Group juga telah berkontribusi dalam target pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nasional. Yakni poin tanpa kemiskinan (poin 1), pendidikan berkualitas (poin 4), air bersih dan sanitasi layak(poin 6), industri inovasi dan infrastruktur (poin 9), serta berkurangnya kesenjangan (poin 10).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)