Kodim 0604 Karawang Terjunkan Personel Bantu Korban Banjir

Jum'at, 10 Januari 2020 - 10:27 WIB
Kodim 0604 Karawang Terjunkan Personel Bantu Korban Banjir
Personel Kodim 0604 Karawang diterjunkan membantu warga korban banjir Desa Karangligar membersihkan sampah-sampah yang menyumbat saluran air. foto : SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Kodim 0604 Karawang menerjunkan satu satuan setingkat kompi (SSK) untuk menyisir sejumlah wilayah di Karawang, Jawa Barat yang terkena banjir. Pasukan dari TNI ini bertugas membantu masyarakat untuk membersihkan saluran air yang tersumbat oleh sampah.

Sejumlah alat berat juga diterjunkan untuk menormalisasi sungai-sungai di sekitar wilayah banjir yang dipenuhi oleh sampah dan bahkan eceng gondok hingga menghambat jalannya air.

"Sejak Selasa (7/1/2020) kemarin kami terjunkan personel 1 SSK atau sekitar 100 anggota ke sejmlah wilayah banjir seperti Kecamatan Cilamaya, Rengas Dengklok, Jatisari, dan Telukjambe Barat untuk membantu warga sekitar yang terkena musibah banjir. Mereka bertugas untuk membersihkan saluran, normalisasi sungai dan membantu warga yang membutuhkan pertolongan disekitar lokasi banjir," jelas Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Haryo Wibowo, Jumat (10/1/2020).

Menurut Medi, anggotanya siap diterjunkan di mana pun wilayah banjir yang terjadi di Karawang untuk membantu masyarakat. TNI bersama Polres dan Pemkab Karawang akan bahu-membahu menolong masyarakat dari musibah banjir. Dia berharap, hal ini meringankan beban yang dialami masyarakat akibat banjir. "Kami selalu menjalin komunikasi dengan unsur Muspida Karawang mengatasi persoalan banjir ini," ujarnya.

Dalam kesempatan bertemu masyarakat, Medi selalu mengimbau agar masyarakat selalu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal. Biasanya, sesudah terjadi banjir rawan terhadap serangan penyakit.

"Jangan pernah berhenti membersihkan lingkungan karena musim hujan masih panjang. Begitu banjir surut segera bersihkan lingkungan, walaupun mungkin banjir belum akan selesai. Pokoknya begitu air surut bersihkan walaupun nanti kebanjiran lagi ya bersihkan lagi. Ini dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3049 seconds (0.1#10.140)