alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Berharap Berkah 10 Muharam, PKB Jabar Santuni Ribuan Anak Yatim

Agung Bakti Sarasa
Berharap Berkah 10 Muharam, PKB Jabar Santuni Ribuan Anak Yatim
Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda (berkemeja biru) memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Kantor DPW PKB Jabar, Kamis (20/9/2018). Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat serentak menyantuni ribuan anak yatim piatu di 27 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB kabupaten/kota se-Jabar dalam peringatan 10 Muharam 1.440 Hijriah.

Sekretaris DPW PKB Jabar Sidkon Djampi mengatakan, Muharam adalah bulan tarbiyah, bulan sakral, dan satu di antara empat bulan yang wajib dihormati.

"Muharam menjadi sakral dan membumi di Nusantara karena memiliki landasan ayat-ayat Alquran sebagaimana termaktub dalam firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 36," kata Sidkon seusai memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Kantor DPW PKB Jabar, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Kamis (20/9/2018).

Berdasarkan intruksi Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda, ujar dia, peringatan 10 Muharam kali ini disertai pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang digelar serentak di 27 DPC PKB kabupaten/kota di Jabar.

"Santunan anak yatim ini tidak hanya digelar di sini (Kantor DPW PKB Jabar), tapi kami laksanakan juga serentak di 27 DPC PKB se-Jawa Barat dengan total anak yatim yang kami santuni lebih dari 3.001 anak yatim," ujar dia.

Selain mencari keberkahan untuk kemajuan PKB, pemberian santunan kepada anak yatim piatu tersebut dalam rangka "ngurip-nguripi" budaya Islam Jawa yang kini mulai luntur dan ditinggalkan generasi muda. "Sesuai hadis Nabi Muhammad SAW, yang menganjurkan berpuasa selama tiga hari tanggal 9, 10, dan 11 Muharam atau Syura," tutur Sidkon.

Selain itu, di hari Asyura, terutama pada hari ke sepuluh, umat Islam juga dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu. "Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), Allah akan mengangkat derajatnya. Setiap helai rambut yang diusap, satu derajat. Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin setiap 10 Asyura," ungkap dia.

Atas keutamaan menyantuni anak yatim tersebut, Sidkon pun berharap, dalam mengarungi perjuangan, PKB selalu diberi kelancaran, keberkahan, dan kesuksesan dalam menjalankan nilai-nilai perjuangan PKB demi terciptanya masyarakat yang maju, mandiri, dan sejahtera dalam bingkai rahmatan lilalamin.

Tidak hanya itu, pihaknya pun mendoakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin senantiasa sehat wal afiat dan sukses memimpin PKB dalam naungan izin dan ridha Allah SWT. "Terutama di tahun politik ini, raihan kursi PKB di seluruh Nusantara, khususnya di Jawa Barat bisa naik dan pilpres bisa dimenangkan secara gemilang," tandas Sidkon.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Sirna Miskin Kyai Lik Abdul Kholik yang merekomendasikan 55 anak yatim piatu penerima santunan mengapresiasi kegiatan yang menurutnya sangat dinantikan ponpes tersebut.

"Kami doakan PKB menjadi partai yang berkah bagi masyarakat, bangsa, dan agama. Kami juga doakan kader PKB mendapat keberkahan dalam perjuangannya untuk masa depan dan kemaslahatan umat," kata Lik Abdul Kholik di tempat sama.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif