Gempa 4,8 SR Guncang Tasikmalaya

Kamis, 09 Januari 2020 - 08:30 WIB
Gempa 4,8 SR Guncang Tasikmalaya
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Gempa tektonik berkekuatan 4,8 skala richter (SR) mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat pada Kamis (9/1/2020) pukul 05.05 WIB. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4.8 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 8.10 LS – 107.95 BT. Pusat gempa tepatnya berada di laut pada jarak 54 km Barat Daya Tasikmalaya, dengan kedalaman 11 Kilometer.

"Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam siaran persnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya dan Ciamis dengan Skala Intensitas III MMI, Garut dan Cianjur II-III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). "Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6742 seconds (0.1#10.140)