Disdik Purwakarta Wajibkan Siswa SD dan SMP Tanam Padi IR Zinc di Polybag

Rabu, 08 Januari 2020 - 18:28 WIB
Disdik Purwakarta Wajibkan Siswa SD dan SMP Tanam Padi IR Zinc di Polybag
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bercengkrama dengan anak-anak. Anne mengaku kasus stunting di Kabupaten Purwakarta masih cukup tinggi. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta mewajibkan siswa menanam padi bergizi tinggi jenis IR Zinc di media polybag. Kebijakan ini dilaksanakan dengan tujuan pendidikan, sekaligus mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan tubuh pada anak.

Selain bergizi tinggi, penanaman varietas padi IR Zinc terbilang mudah. Sebab, padi IR Zinc tidak memerlukan lahan luas. Siswa bisa memanfaatkan media terbatas, seperti ember atau pun kantong polybag.

Kepala Disdik Purwakarta Purwanto mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan cara menanam padi dan membagikan modul kepada para kepala sekolah. "Itu akan menjadi gerakan di setiap sekolah. Cara tanam padi diajarkan kepada siswa," kata Purwanto di Purwakarta, Rabu (8/1/2020).

Dia mengemukakan, setiap kelas bisa menanam minimal 20 pot padi IR Zinc, sehingga setiap sekolah minimal terdapat 120 pot. "Ini kan untuk media pendidikan. Apalagi padi jenis ini bergizi tinggi untuk mencegah stunting," ujar dia.

Selain di sekolah, tutur Purwanto, siswa juga diharapkan menanam padi di rumah masing-masing dan memantau pertumbuhan padi. Dengan begitu, akan sangat bagus terhadap pendidikan anak. Mereka dididik mandiri dengan orientasi ketahanan pangan.

Purwanto menuturkan, program tersebut, mulai dilaksanakan hari ini Rabu (8/1/2020) di seluruh SD dan SMP di Purwakarta. "Ya mulai berjalan hari ini. Diharapkan sekolah menjalankan. Apalagi kami juga sudah ingatkan kepada pihak pengawas," tutur Purwanto.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8557 seconds (0.1#10.140)