3 Nama di Tangan Presiden, Calon Sekda Jabar Diminta Tak Berambisi Politik

Selasa, 07 Januari 2020 - 15:42 WIB
3 Nama di Tangan Presiden, Calon Sekda Jabar Diminta Tak Berambisi Politik
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar sudah berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Siapapun yang terpilih sebagai Sekda Jabar diminta tidak memiliki ambisi untuk berpolitik.

Diketahui, calon Sekda Jabar pengganti Iwa Karniwa yang terjerat kasus hukum proyek Meikarta sudah mengerucut pada tiga nama berdasarkan hasil seleksi terbuka yang digelar Pemprov Jabar. Ketiga nama tersebut, yakni Setiawan Wangsaatmadja, Deddy Taufik, dan Yerry Yanuar.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, ambisi politik yang dimiliki seorang Sekda dapat membahayakan kinerjanya. Pasalnya, berkaca pada pengalaman, ambisi politik kerap menimbulkan gejolak dan permasalahan.

"(Harapannya) Tidak banyak ambisi politik karena itu berbahaya dari sisi kinerja. Sudah terbukti, gara-gara itu jadi banyak masalah," ungkap Emil di Bandung, Selasa (7/1/2020).

Emil melanjutkan, penetapan calon Sekda Jabar terpilih yang dijadwalkan akhir bulan ini merupakan kewenangan Presiden. Meskipun dirinya merekomendasikan salah satu dari tiga nama calon Sekda Jabar, namun keputusan akhir tetap berada di tangan Presiden. "Tidak semua aspirasi Gubernur dikabulkan, jadi kita penuhi saja," imbuhnya.

Emil menjelaskan, penentuan calon Sekda Jabar terpilih juga didasari masukan dari Tim Penilai Akhir (TPA), yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), hingga Badan Intelejen Negara (BIN).

"Intinya, keputusan akhir ada di Presiden, sudah diajukan ke Presiden," tegasnya.

Diketahui, Iwa Karniwa ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkaitan dengan dugaan penerimaan suap proyek Meikarta. Berkas perkara sudah diterima Pengadilan Negeri (PN) Bandung dan sidang dijadwalkan digelar pekan depan.

Sejak saat itu, kursi Sekda Jabar diduduki oleh Asisten Bidang Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Pemprov Jabar, Daud Achmad. Dia dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Jabar, awal September 2019 lalu.

Tak lama setelah itu, Pemerintah Provinsi membuka seleksi terbuka untuk posisi terbuka. Panitia seleksi yang dipimpin Erry Riyana Hardjapamekas itu memunculkan tiga nama terbaik.

Mereka adalah Deddy Taufik yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN RB, dan Yerry Yanuar yang menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6851 seconds (0.1#10.140)