Wali Kota Bandung Ajak Komunitas Bikers Ikut Kelola Sampah

Selasa, 07 Januari 2020 - 11:57 WIB
Wali Kota Bandung Ajak Komunitas Bikers Ikut Kelola Sampah
Wali Kota Bandung Oded M Danial saat berkeliling Bandung bersama komunitas bikers. Foto/Dok.Humas Pemkot Bandung
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak komunitas bikers atau para pengendara motor di Kota Bandung ikut menjaga kebersihan lingkungan melalui program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan sampah (Kang Pisman).

Oded M Danial mengenalkan program Kang Pisman kepada bikers saat salat Subuh berjamaah. Di hadapan lebih dari 300 bikers, Oded berharap, Kang Pisman diterapkan di kehidupan sehari-hari.

"Kang Pisman ini bertujuan untuk mengelola sampah dari sumbernya untuk dimanfaatkan. Sampah organik agar bisa menjadi pupuk. Sedangkan anorganik bisa bernilai ekonomi," kata Oded, melalui siaran persnya, Selasa (7/1/2020).

Menurut dia, plastik merupakan salah satu sampah terbanyak. Oleh karenanya, Oded mengimbau para biker meminimalisir penggunaan plastik. Salah satunya dengan selalu membawa dan menggunakan tumbler (tempat minum).

"Dibiasakan membawa tumbler. Ini sebagai gerakan mengurangi sampah. Kalau bisa para bikers buat tumbler biar seragam, kan keren," ajak Wali Kota.

Sebelum salat Subuh berjamaah dan menyimak tausyiah Mang Oded, para bikers mengawali dengan salat qiamulail berjamaah dengan imam Syeikh Thyazen Alhakimi. Selepas salat Subuh berjamaah dan kajian, para bikers sarapan bersama dengan Mang Oded dan ustaz Evie Efendie.

Selepas sarapan, Mang Oded bersama para bikers bertauhid melakukan rolling atau keliling Kota Bandung. Mang Oded bersama bikers lainnya berkeliling Alun-alun, Jalan Asia-Afrika, dan Jalan Otista. Saat rolling, Mang Oded mengendarai Vespa. Tak hanya sendiri, Mang Oded ditemani oleh anak-anak dan menantunya.

Salah seorang bikers, Wawan Setiawan menyatakan siap merangkul bikers untuk mendukung program Kang Pisman. "Insyaallah kami akan terapkan Kang Pisman di lingkungan kami. Kami juga akan laksanakan di berbagai kegiatan sosial lainnya," tutur Wawan.

Dukungan pun dilontarkan oleh ustaz Evie Efendi saat memberikan kajian Subuh. Dia mengajak kepada para bikers untuk mendukung dan berpartisipasi melaksanakan program Pemkot Bandung.

Sebagai makhluk Allah, menurut ustad Evie, manusia harus memiliki sifat sosial yang bisa saling membantu satu sama lain. Seperti halnya kali ini, bikers membantu program pemerintah dalam memasifkan Kang Pisman.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6922 seconds (0.1#10.140)