Bus Tabrak Belakang Truk di Tol Cipali, Dua Orang Tewas

Selasa, 07 Januari 2020 - 11:15 WIB
Bus Tabrak Belakang Truk di Tol Cipali, Dua Orang Tewas
Kondisi Bus Pahala Kencana ringsek setelah menabrak bagian belakang truk pengangkut beras di Tol Cipali. Foto/INEWSTV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Kecelakaan maut kembali terjadi di ruas Kilometer (Km) 183.800 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), wilayah Kabupaten Cirebon, Selasa (7/1/2020) dini hari. Dua orang meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Peristiwa itu melibatkan Bus Pahala Kencana nomor polisi (nopol) B 7189 IS jurusan Jakarta-Wonosobo sarat penumpang dan truk pengangkut beras. Bus yang melaju dari arah timur atau Jawa menuju barat atau Jakarta, menabrak bagian belakang truk di lokasi kejadian.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, kronologi kejadian, yaitu kedua kendaraan datang dari arah Cirebonmenuju ke Jakarta. Setibanya dilokasi kejadian, diduga pengemudi bus akan menyalip dari bahu jalan.

Namun karena ruang gerak tidak cukup untuk menyalip sehingga bus menabrak bak belakang truk yang sedang melaju di depannya di lajur satu sehingga mengakibatkan truk terdorong kemudian terguling di lajur dua dan bus menabrak guadril. "Posisi akhir kendaraan truk terbalik di lajur dua sedangkan kendaraan bus miring pada bahu jalan menghadap barat," kata Saptono.

Akibat peristiwa itu,dua korban tewas dua dua orang luka ringan. Korban merupakan sopir Bus Pahala Kencana Dedi Sumartono (36),warga Desa Beber, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka dan kernet truk beras bernama Makmun Soleh ((30) warga Mangkusati RT 2/5, Kutosari, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Selain korban tewas dan luka ringan, kecelakaan juga menyebabkan, arus lalu lintas kendaraan menuju jakarta mengalami kemacetan yang cukup panjang sekitar 5 km.

Kedua korban tewas dalam kecelakaan maut di Tol Cipali saat ini masih di ruang pemulasaraan jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Dedi Sumartono dan Akhmad Sholeh mengalami luka parah di kaki dan kepala akibat benturan dengan body truk dan bus.

Seusai tabrakan, kondisi bagian depan Bus Pahala Kencana ringsek. Petugas kepolisian yang datang ke lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengevakuasi dua kendaraan yang terlibat tabrakan.

Warisman, sopir truk pengangkut beras, warga Desa Kutosari RT 02/05, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mengatakan, kecelakaan lalu lintas maut ini bermula, saat truk yang dikendarai melaju dengan kecepatan rendah di lajur kiri dari arah Jawa menuju Jakarta.

Tiba di lokasi kejadian, kata Warisman (60), truk ditabrak bus dari arah belakang. Truk yang dikendarai Risman pun terguling lalu melintang di tengah jalan. "Sedangkan bus berhenti di sisi kiri jalan," kata Warisman yang hanya mengalami luka ringan.

Sementara itu, penumpang bus yang selamat dibawa ke Mapolresta Cirebon untuk dimintai keterangan. Saat ini, kasus kecelakaan itu ditangani Unit Lakalantas Polresta Cirebon.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8087 seconds (0.1#10.140)