Pelantikan Enam Bupati/Wali Kota Diawali Historical Walk

Rabu, 19 September 2018 - 20:10 WIB
Pelantikan Enam Bupati/Wali Kota Diawali Historical Walk
Sekda Jabar Iwa Karniwa. Foto: ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Pelantikan bupati dan wali kota terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Jawa Barat, akan digelar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis 20 September 2018.

Sebelum pelantikan dilaksanakan, acara diawali dengan seremoni historical walk yang berjarak sekitar 150 meter dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka.

"Alhamdulillah surat dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) sudah kami terima dan sudah dilaporkan kepada Bapak Gubernur Ridwan Kamil yang nanti akan memimpin langsung sesi pelantikan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (19/9/2018).

Iwa mengemukakan, enam kepala daerah terpilih yang akan dilantik , antara lain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Wali Kota-Wakil Wali Kota Bekasi, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.

Selama prosesi historical walk, masing-masing bupati/wali kota akan didampingi lima pasang mojang jajaka Jabar dan 100 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). "Karena ini hasil pilkada serentak, jadi kami sedang menunggu konfirmasi dari Kemendagri untuk kehadiran Bapak Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo," ujar Iwa.

Menurut dia, pelantikan wali kota dan bupati terpilih bukan sekadar acara biasa karena ini serentak tahap pertama se-Indonesia. "Jadi kami akan menampilkan upacara penyambutan berupa tarian tradisional Jawa Barat agar ada kekhasan khusus," tutur Iwa.

Uacara pelantikan dijadwalkan digelar pukul 09.00 WIB-10.30 WIB. Seusai dilantik, para kepala daerah akan diarak menggunakan 14 delman menuju Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Rute yang akan dilalui, Gedung Merdeka-Jalan Cikapundung-Braga-Viaduct- Wastukancana-RE Martadinata-Ir H Djuanda-Sulanjana-Gedung Sate.

"Sebelumnya, kami mohon maaf untuk masyarakat Kota Bandung dalam prosesi pelantikan ini tentu jalan-jalan yang menjadi rute arak-arakan tadi akan terjadi sedikit kemacetan," ungkap Sekda.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Jabar Emma Kusuma mengatakan, proses pelantikan kepala daerah kabupaten/kota akan dilakukan bertahap berdasarkan Surat Kemendagri Nomor 270/720 tanggal 29 Januari 2018.

Untuk pelantikan tahap kedua digelar 26 Desember 2018 untuk kepala daerah Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Subang dan tahap ketiga pada 14 Maret 2019 untuk kepala daerah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Garut.

"Tahap terakhir digelar tanggal 6 Juni 2019 untuk kepala daerah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis, dan Kota Bogor," kata Emma.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1539 seconds (0.1#10.140)