Atasi Banjir di Karangligar, Pemkab Karawang Minta Dukungan Pemerintah Pusat

Senin, 06 Januari 2020 - 11:39 WIB
Atasi Banjir di Karangligar, Pemkab Karawang Minta Dukungan Pemerintah Pusat
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, masalah banjir yang kerap terjadi di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat membutuhkan dukungan penuh pemerintah pusat dan provinsi untuk mencari solusi. Pemerintah Kabupaten Karawang tidak bisa sendirian menangani masalah banjir Karangligar yang terjadi hampir setiap tahun.

"Harus ada upaya yang konkret dari pemerintah untuk mengatasi masalah banjir di Karangligar melalui kajian yang mendalam dari tenaga ahli. Bukan hanya itu, masyarakat di sana juga harus memahami masalah banjir Karangligar tidak bisa diatasi sendiri oleh pemerintah kabupaten. Bahkan kemarin saat kunjungan Gubernur Emil juga mengatakan harus ada dukungan dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara tuntas," jelas Cellica, Senin (6/1/2020)

Menurut Cellica, berdasarkan hasil kajian diketahui wilayah Desa Karangligar berdasarkan peruntukannya sudah tidak cocok lagi menjadi daerah pertanian. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Karawang saat ini tengah mendorong agar Karangligar dijadikan kawasan wisata. (Baca Juga: Enam Kecamatan di Karawang Banjir, Ribuan Orang Mengungsi).

"Tapi sekali lagi kami harus melakukan kajian terlebih dahulu jka memang peruntukannya akan bergeser. Apalagi kita memiliki Perda LP2B, Karangligar masuk ke dalam perlidungan kawasan pertanian. Kalau memang berdasarkan kajian nanti memang akan dijadikan kawasan wisata kita pastinya kan mendorong ke sana," katanya.

Cellica juga memastikan aparatnya sudah turun ke lapangan membantu masyarakat yang terdampak banjir. Bahkan, Cellica mengaku mengontrol langsung bantuan pemerintah berupa logistik dan obat-obatan untuk para korban banjir.

"Saya juga terima kasih kepada jajaran Polres Karawang, Kodim 0604 Karawang serta relawan yang bekerja cepat turun ke lapangan membantu masyarakat yang membutuhkan. Tentunya bantuan ini akan memudahkan pemerintah daerah melakukan aksi tanggap darurat saat musim banjir ini," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1774 seconds (0.1#10.140)