alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aa Umbara dan Hengki Kurniawan Akan Jalani Momen Langka Historical Walk

Adi Haryanto
Aa Umbara dan Hengki Kurniawan Akan Jalani Momen Langka Historical Walk
Kabag Tata Pemerintahan Setda KBB Hendra Trismayadi. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpilih Aa Umbara Sutisna dan Hengki Kurniawan akan menjalani debut langka di awal masa kepemimpinannya lima tahun ke depan. Keduanya bakal menjalani prosesi historical walk dari Hotel Savoy Homann ke Gedung Merdeka seperti yang dilakukan para delegasi negara luar bersama Presiden Pertama RI  Soekarno saat Konferensi Asia Afrika (KAA) yang digelar di Kota Bandung.

"Sesuai agenda memang enam kepala daerah yang dilantik termasuk Bupati dan Wakil Bupati KBB akan melakukan historical walk atau jalan kaki ke Gedung Merdeka dari Hotel Savoy Homann," jelas Kabag Tata Pemerintahan Setda KBB Hendra Trismayadi di Ngamprah, Rabu (19/9/2018).

Hendra mengatakan, hari ini atau sehari menjelang pelantikan besok Kamis (20/9/2018), Aa Umbara Sutisna dan Hengki Kurniawan akan melakukan geladi di Gedung Merdeka. Setelah itu keduanya menginap di Hotel Savoy Homann. Selain melantik bupati dan wakil bupati terpilih serta wali kota dan wakil wali kota terpilih, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan pelantikan Ketua PKK dan Ketua Dekranasda masing-masing daerah.

Seperti diketahui, pada gelombang pertama ini, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan melantik Bupati dan Wakil Bupati KBB, Sumedang, Purwakarta, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Bekasi, serta Sukabumi. Para kepala daerah itu seusai pelantikan di Gedung Merdeka akan diarak keliling Kota Bandung menggunakan delman hias yang sudah disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Rute yang akan dilalui arak-arakan delman meliputi Gedung Merdeka, Jalan Cikapundung, Jalan Braga, Jalan Perintis Kemerdekaan (Viaduck), Jalan Wastukancana, Jalan Riau, Jalan Dago, Jalan Sulanjana, dan berakhir di Jalan Diponegoro (Gedung Sate). Pemprov Jabar menyiapkan dua delman untuk masing-masing daerah, satu untuk bupati dan satu lagi wakil bupati.

"Juga akan disiapkan satu Bus Bandros untuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang diisi oleh Pj Bupati KBB Dadang Mohamad Masoem, Pelaksana Tugas Sekda KBB Wahyu Diguna, dan undangan lainnya," kata Hendra.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) KBB telah menyiapkan acara paripurna istimewa tentang penyampaian pidato bupati yang telah dilantik. Paripurna ini menjadi tempat bagi Bupati Aa Umbara Sutisna untuk menyampaikan pidato pertamanya.

"Kalau terkait dengan bupati dan wakil bupati terpilih, kewajiban DPRD hanya melaksanakan paripurna istimewa saja. Sementara untuk pelantikan yang dilakukan di Kota Bandung, sesuai aturan unsur pimpinan DPRD diundang menghadiri acara tersebut."



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif