Libur Panjang Natal dan Tahun Baru, Trafik XL Naik 80 Persen

Minggu, 05 Januari 2020 - 10:57 WIB
Libur Panjang Natal dan Tahun Baru, Trafik XL Naik 80 Persen
Foto/Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data pada musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 mulai 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

XL mencatat trafik khusus data di Jawa Barat mengalami peningkatan signifikan, mencapai sekitar 22% dibandingkan trafik data di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 80%. Layanan data penggunaan game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh web browsing dan layanan pesan cepat instant messaging.

Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, selain menjadi tujuan wisata selama libur Natal dan Tahun Baru, Jawa Barat juga menjadi jalur perlintasan bagi penduduk Jabodetabek yang hendak menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur. Sesuai dengan perkiraan peningkatan trafik sebelum libur panjang, beberapa area yang mengalami kenaikan trafik data adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang mengalami kenaikan sekitar 28%.

"Kenaikan data di Bandung karena adanya ratusan objek wisata yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Lembang dan Cisarua. Begitu pun trafik data di Garut naik 44%, begitu juga di Pangandaran naik hingga 180%," kata dia dalam siaran persnya, Minggu (5/1/2020).

Sofia menambahkan, kenaikan trafik data juga terjadi di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo–Palimanan, Cirebon yang meningkat rata-rata sekitar 49%. Kenaikan trafik juga terlihat di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Kertajati, serta Stasiun Kiara Condong.

Kota Bandung menjadi salah satu kontributor kenaikan trafik terbesar, karena memiliki sejumlah pusat keramaian di sepanjang masa liburan. Terutama di malam tahun baru seperti area Dago, Gedung Sate, hingga Braga yang dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Menurut Sofia, hal yang paling utama adalah mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik.

"Ini hasil upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2573 seconds (0.1#10.140)