alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hujan Diprakirakan Guyur Majalengka, Kuningan, dan Sumedang

Inin Nastain
Hujan Diprakirakan Guyur Majalengka, Kuningan, dan Sumedang
Dari catatan BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Sumedang diprakirakan turun hujan ringan pada siang hari. Sumber: BMKG

MAJALENGKA - Setelah sebelumnya didominasi cerah berawan, Rabu (19/9/2018) ini cuaca di wilayah Ciayumajakuning dan Kabupaten Sumedang diprakirakan lebih redup. Bahkan, beberapa daerah di antaranya diprediksi turun hujan.

Dari catatan BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Sumedang diprakirakan turun hujan ringan pada siang hari, antara pukul 13.00 sampai 19.00 WIB. Selain itu, pada pagi, malam hingga dini hari cuaca di tiga kabupaten itu diprakirakan berawan.

Kondisi berbeda terjadi di tiga kabupaten/kota lainnya. Sepanjang Rabu hingga Kamis pagi, Kabupaten/Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu diprediksi lebih redup dari sebelumnya, dengan cuaca berawan.

Kondisi di wilayah Ciayumajakuning dan Kabupaten Sumedang diperkirakan lebih dingin, dengan menurunnya suhu udara. Hari ini, suhu udara maksimum di wilayah itu mengalami penurunan dari sebelumnya 36 derajat celsius menjadi 34 derajat celsius.

Suhu udara maksimum di angka itu, masing-masing diprakirakan terjadi di empat kabupaten/kota, yakni Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Majalengka. Suhu udara minimum Kabupaten/kota Cirebon dan Kabupaten Majalengka di angka 24 derajat celsius. Kabupaten Indramayu masih tercatat sebagai daerah dengan suhu udara minimum tertinggi, yakni 25 derajat celsius.

Kelembapan Kabupaten/Kota Cirebon di angka 45 sampai 85 persen. Kabupaten Indramayu, yang memiliki suhu udara minimum paling tinggi, tingkat kelembapan udara hari ini sebesar 45 sampai 80 persen. Sementara, tingkat kelembapan Kabupaten Majalengka 50 sampai 85 persen.

Kabupaten Kuningan dan Sumedang masih menjadi daerah dengan suhu udara paling rendah, yakni 22 sampai 32 derajat celsius. Kelembapan udara kedua daerah itu berada di angka 55 sampai 90 persen.

Prakiraan tinggi gelombang perairan utara Cirebon dan Indramayu kembali mengalami penurunan dari sebelumnya di kisaran 0,2 sampai 2,0 meter menjadi 0,2 sampai 1,0 meter. Namun, untuk kecepatan arus laut ke Barat Laut masih relatif sama dengan kemarin, yakni 5 sampai 25 sentimeter per detik.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif