Ular Hitam di Kap Mobil Kijang Tua Kejutkan Warga Margahayu Raya

Jum'at, 03 Januari 2020 - 15:36 WIB
Ular Hitam di Kap Mobil Kijang Tua Kejutkan Warga Margahayu Raya
Ular koros bersembunyi di kap mobil Kijang tua milik warga Kompleks Margahayu Raya. Foto-foto/Diskar PB Kota Bandung
A A A
BANDUNG - Seekor ular jenis koros berwarna hitam yang bersembunyi di kap mobil Kijang tua, mengejutkan Sandi (48), warga Komplek Metro Margahayu Raya, Jalan Venus Barat 2 Nomor 20 RT 04/01, Kelurahan Majahlega, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jumat (3/1/2020).

Ular tersebut ditemukan Sandi saat membersihkan rumah dan halaman, termasuk garasi mobil sekitar pukul 06.30 WIB. Saat membersihkan mobil Kijang tua miliknya, Sandi melihat ular bersisik hitam bersembunyi.

Khawatir ular tersebut berbisa dan membahayakan, Sandi lantas melapor ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melalui Emegency Call 022-113.

Setelah menerima laporan sekitar pukul 08.00 WIB, Diskar PBB Kota Bandung menugaskan personel animal rescue ke lokasi kejadian. Petugas membawa peralatan snake grab atau snake hook dan senter.

Petugas Diskar PB lalu melacak keberadaan ular tersebut. Setelah ditemukan, mereka mengevakuasi ular dari dalam kap mobil. Sekitar 30 menit kemudian, ular berhasil ditangkap dan kemudian dilepasliarkan ke habitatnya.

Kabid Pemadaman Diskar PB Kota Bandung A Kurnia mengatakan, ular tersebut jenis ular koros warna hitam sepanjang 1 meter. "Sekarang (ular) sudah diamankan," kata Kurnia dihubungi wartawan melalui telepon.

Ular Hitam di Kap Mobil Kijang Tua Kejutkan Warga Margahayu Raya


Sekadar untuk diketahui, ular korosdengan nama latin Pytas Korros tersebut hidup di hutan dan daerah pertanian dataran rendah. Ular koros adalah spesies pemangsa tikus yang tersebar luas di Asia Tenggara.

Dalam bahasa Inggris ular ini dinamai Chinese Ratsnake atau Indo-Chinese Ratsnake. Ular koros yang tidak berbisa ini aktif pada siang hari dan umumnya takut terhadap manusia.

Selain di Margahayu Raya, ular juga ditemukan masuk ke dalam kamar salah satu rumah warga di Jalan Cilameta, Kota Bandung pada Kamis (2/1/2020). Ular bersisik hitam itu ditemukan oleh Muhammad Faisal Rizky (23) pada Kamis siang.

Saat itu, Rizky sedang tidur, namun dia terbangun karena mendengar suara aneh di sebelah kasur tempat tidurnya. "Pas bangun, saya liat di dekat kasur ada ular. Saya keluar kamar lalu kembali bawa sapu untuk mengusir ular itu," kata Rizky.

Rizky mengaku tidak tahu persis jenis ular yang masuk ke kamarnya. Namun ular tersebut bersisik hitam dan bisa meneggakkan kepalanya seperti ular kobra.

Khawatir menyerang, Rizky menggunakan gagang sapu menekan kepala ular tersebut lalu menyeretnya keluar rumah. Tak hanya itu, Rizky juga memasukkan ular tersebut ke dalam botol dan membuangnya.

"Saya khawatir membahayakan warga. Akhirnya saya masukan ular itu ke botol besar, daripada membahayakan warga," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6595 seconds (0.1#10.140)