Bencana Landa Jawa Barat, Dinsos Siagakan ASN di Posko Tagana

Kamis, 02 Januari 2020 - 23:50 WIB
Bencana Landa Jawa Barat, Dinsos Siagakan ASN di Posko Tagana
Bencana banjir bandang menerjang Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Foto/Dok.Damkar KBB
A A A
BANDUNG - Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Barat menyiagakan aparatur sipil negara (ASN) di posko-posko bencana untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam di sejumlah wilayah di Jabar.

Para ASN di lingkungan Dinsos Jabar itu bergabung dengan para relawan yang berada di Posko Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk memberikan bantuan bagi warga terdampak, termasuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya. "Kita libatkan ASN turun ke lapangan bersama relawan bencana, termasuk memantau situasi dan kondisi," ujar Kepala Dinsos Jabar, Dodo Suhendar, Kamis (2/1/2020).

Bencana Landa Jawa Barat, Dinsos Siagakan ASN di Posko Tagana


Selain terjun langsung ke lapangan, lanjut Dodo, para ASN Dinsos Jabar yang menjalani piket itu pun akan melakukan pengamanan kebutuhan logistik bagi warga terdampak di lokasi bencana. "Mereka juga menyiapkan buffer stock logistik bagi korban pengungsi jika suatu waktu dibutuhkan," imbuhnya.

Dodo menyampaikan, pihaknya sudah mendirikan dapur umum di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB); Pendopo Kota Bekasi, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang; dan Kabupaten Bogor.

Di KBB, kata Dodo, dapur umum yang didirikan Dinsos Jabar mampu mengakomodasi sekitar 300 orang di tiga titik lokasi bencana. "Adapun kebutuhan logistik yang diberikan adalah beras, sandang, makanan siap saji, alat mandi, pakaian ganti, matras, dan air mineral," sebutnya.

Sementara bantuan logistik untuk Kabupaten Bogor, yaitu matras, tenda gulung, family kit, kids ware, food ware, mie instant, paket sandang, selimut, kasur, makanan anak, dan alat dapur keluarga.

Di Kota Bekasi, Dinsos Jabar juga sudah mengirimkan matras, tenda gulung, family kit, kids ware, food ware, mi instant, paket sandang, selimut, kasur, tenda serba guna, tenda keluarga, makanan anak, alat dapur keluarga, dan perahu karet.

"Sementara untuk Kabupaten Bekasi, kita juga telah mengirimkan bantuan logistik berupa, mie instan, makanan anak dan perahu karet," katanya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9295 seconds (0.1#10.140)