Amankan Malam Tahun Baru, Polrestabes Bandung Kerahkan 2.300 Personel

Selasa, 31 Desember 2019 - 17:21 WIB
Amankan Malam Tahun Baru, Polrestabes Bandung Kerahkan 2.300 Personel
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema. Foto/SINDONews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Polrestabes Bandung mengerahkan 2.390 personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru di Kota Bandung. Personel Polri itu melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup di sejumlah titik keramaian.

Beberapa lokasi yang diprediksi bakal menjadi tempat kumpul masyarakat saat malam tahun baru sekaligus menantikan detik-detik pergantian tahun di Kota Bandung antara lain, kawasan Alun-alun Bandung, Lapangan Gasibu, Tegalega, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Asia Afrika, Pasteu, dan Sukajadi.

"Titik-titik itu merupakan tempat yang dijadikan masyarakat untuk berkegiatan. Itu yang menjadi perhatian (pengamanan)," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka Kota Bandung, Selasa (31/12/2019).

Agar tidak terjadi kemacetan parah sehingga menyebabkan arus lalu lintas stuck, ujar Irman, kepolisian akan melarang kendaraan parkir sembarangan di bahu jalan. "Parkir tempat-tempat yang sudah disiapkan untuk kelancaran arus lalu lintas. Ikuti arahan petugas," ujar Irman.

Sementara itu, kegiatan car free night (CFN) pada malam tahun baru kali ini tidak digelar agar arus lalu lintas di Jalan Asia Afrika normal.

"Tahun ini kami tidak melaksanakan CFN di Asia Afrika. Kami telah koordinasi dengan pemda (Pemkot Bandung) sehingga seluruh arus kendaraan berjalan normal," tutur dia.

Meski demikian, ungkap Irman, Polrestabes Bandung tetap mewaspadai kawasan Jalan Asia Afrika. Pasalnya, meski tidak ada CFN, masyarakat diprediksi tetap merayakan malam tahun baru di kawasan tersebut. Jika terjadi kepadatan arus, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Bandung bakal melakukan pengalihan arus.

"Situasional, diskresi kepolisian. Kalau terjadi kepadatan arus, nanti akan dilakukan penutupan dan pengalihan. Belajar dari pengalaman, walaupun tidak ada CFN, tapi masyarakat merayakan malam tahun baru di lokasi tersebut," ungkap Kapolrestabes.

Irman mengatakan, Pemkot Bandung sudah memiliki agenda dalam merayakan pergantian tahun. Pemkot Bandung menggelar acara zikir bersama bertajuk 'Bandung Berzikir' baik berpusat di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana dan di tiap kecamatan.

"Pemda melaksanakan zikir akbar malam ini di Masjid Ukhuwah. Sedangkan Pemerintah Provinsi Jabar muhasabah di Pusdai.
Di setiap kecamatan juga ada instruksi wali kota ada zikir sehingga diharapkan rangkaian kegiatan malam tahun baru cukup ramai namun diisi kegiatan positif, sehingga kamtibmas akan tetap terjaga," kata Irman.

Wali Kota Bandung Oded M Danial sebelumnya juga menyebut Pemkot Bandung tak akan mengadakan kegiatan malam tahun baru yang sifatnya hura-hura.

"Menghadapi tahun baru kita mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung ini momentum untuk bermuhasabah diri, semakin bertambah tahun, semakin umur mengurang dan mengurang juga jatah umur alam. Oleh karena itu, saya mengimbau mari kita muhasabah diri dan tidak ada kegiatan yang sifatnya hura-hura," ujar Oded saat ditemui usai salat gerhana matahari cincin di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (26/12/2019).

Oded menuturkan, Pemkot Bandung sendiri menggelar acara muhasabah di Masjid Al Ukhuwah dengan tajuk Selain itu, dia juga sudah menginstruksikan kepada seluruh kewilayahan di Kota Bandung agar melaksanakan kegiatan serupa.

"Mari kita sama-sama mendingan arasup ka masjid lah (lebih baik masuk ke masjid), berzikir di masjid, ingat Allah. Mudah-mudahan dengan tahun baru ini, muhasabah, mengevaluasi diri. Apakah tahun ini lebih baik dari tahun kemarin atau tidak. Apakah lebih baik tahun depan?" pungkas Oded.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5781 seconds (0.1#10.140)