PT KAI Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Selama Liburan Nataru

Selasa, 31 Desember 2019 - 16:02 WIB
PT KAI Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Selama Liburan Nataru
Pemeriksaan kesehatan gratis bagi penumpang kereta api di Stasiun Bandung. Foto/Dok.Humas KAI
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi penumpang di berbagai stasiun besar pada musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Layanan tersebut hadir bergantian di berbagai ruang tunggu stasiun besar seluruh wilayah operasi KAI mulai 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Melalui announcer di stasiun, para penumpang diimbau untuk dapat mengikuti layanan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma.

Di Daop II Bandung, pemeriksaan kesehatan gratis dilaksanakan pada Senin dan Selasa (30-31 Desember 2019). Layanan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, dan konsultasi medis.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan fasilitas tambahan kepada penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan KA di Stasiun Bandung," ujar Manager Humas PT KAI Daop II Bandung Noxy Citrea.

Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini merupakan tambahan. Sebelumnya, stasiun telah menyediakan Pos Kesehatan Gratis bagi penumpang di stasiun. KAI juga menyediakan Ruang Ibu Menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

Dengan mengadakan kegiatan ini, KAI juga bisa mengantisipasi penumpang yang dalam kondisi kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Karena, untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

KAI juga memiliki Klinik Mediska yang lokasinya dekat dengan stasiun dan telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA. Di Daop II ada enam Klinik Mediska yaitu di Kantor Pusat, Kebon Kawung (area Stasiun Bandung), Purwakarta, Cibatu, Tasikmalaya dan Banjar. Tujuannya untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi kegawatdaruratan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.

"KAI mengimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan KAI ini. Selain itu pastikan kembali kondisi kesehatan dalam kondisi yang fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api," ujar Noxy.

Sementara itu, untuk menjamin keandalan SDM PT KAI, pada hari Senin (30/12) Daop 2 melaksanakan sidak pemeriksaan narkoba kepada masinis, asisten masinis di Kantor UPT Crew KA , dan pekerja perawatan sarana di Depo Lokomotif Bandung. Berdasarkan hasil pemeriksaan, semua dinyatakan layak menjalankan dinas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7212 seconds (0.1#10.140)