Mau Malam Tahun Baruan di Air Mancur Sri Baduga? Ini Tempat Parkirnya

Selasa, 31 Desember 2019 - 15:47 WIB
Mau Malam Tahun Baruan di Air Mancur Sri Baduga? Ini Tempat Parkirnya
Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta, tetap memesona dan menjadi magnet tersendiri dalam perayaan malam tahun baru nanti. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Sejumlah kantong parkir disiapkan bagi masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Aparat kepolisan dan pemerintah setempat menyulap areal perbankan yang ada di sekitar area Situ Buleud menjadi fasilitas parkir untuk para pengunjung.

Beberapa areal kantor perbankan yang disiapkan itu antara lain Bank bjb, Bank BNI, BTN, dan sejumlah bank lainnya. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi membeludaknya pengunjung yang diprediksi menembus angka 500.000 orang.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Zanuar Cahyo Wibowo menjelaskan, pengunjung Situ Buleud diperkirakan juga berasal dari luar Purwakarta. Sehingga, diperlukan pengaturan lalu lintas agar situasi tetap kondusif.

"Pengamanan yang kami lakukan hampir sama saat car free night. Tidak terlalu ada perubahan. Hanya saja kami terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat dalam penyediaan kantung-kantung parkir. Makanya kami menggunakan areal perbankan. Selain itu kami juga menyiapkan ambulans di titik-titik tertentu," ungkap Zanuar kepada SINDOnews, Selasa (31/12/2019). (Baca Juga: Malam Tahun Baru, Pejabat Kota Bandung Zikir Bersama di Masjid Al Ukhuwah).

Pilihan itu mesti ditempuh, karena menurutnya, Lapang Sahate tidak biasa menjadi kantong parkir, karena pada malam pergantian tahun terdapat event tersendiri. Begitu pula jalan protokol yang ditutup sebatas Jalan KK Singawinata dan Jalan Siliwangi. "Adapun jalan lainnya tetap berfungsi," ujar dia.

Berkaca pada perayaan tahun baru sebelumnya, kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan utama, di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kapten Halim, dan Jalan Basuki Rahmat. Sehingga, warga yang hendak bepergian dari arah Cikampek menuju selatan (Plered dan sekitarnya) bisa masuk tol melalui Gerbang Tol Sadang atau Cikopo, kemudian keluar melalui Gerbang Ciganea. Begitu pula sebaliknya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7718 seconds (0.1#10.140)