Siti Bacakan Puisi, Yana Nyanyikan Lagu 'Cinta'

Selasa, 31 Desember 2019 - 12:25 WIB
Siti Bacakan Puisi, Yana Nyanyikan Lagu Cinta
Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana beserta istri dan anak tampil pada Hari Musik Balada (Hamba) 2019. Foto/Dok.Humas Pemkot Bandung
A A A
BANDUNG - Suasana berbeda terlihat pada saat komunitas musik Manjing Manjang tampil di Taman Sejarah, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Wali Kota Bandung Oded M Danial beserta istri dan Wakil Wali Kota Yana Mulyana beserta istri, ikut hadir menyaksikan dan tampil.

Mereka tampil pada acara Hari Musik Balada (Hamba) 2019. Saat itu, Wali Kota Bandung Oded M. Danial datang memboyong istri, Siti Muntamah Oded M. Danial dan anak-anaknya. Tak lama kemudian, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana pun datang beserta istri, Yunimar Yana Mulyana.

Siti Muntamah, yang juga merupakan aktivis literasi Kota Bandung, didaulat untuk membacakan puisi di depan relief sejarah kota yang disulap jadi panggung sederhana. Diiringi petikan gitar akustik, Umi, sapaan akrabnya, mendeklamasikan dengan apik puisi berjudul "Pada Para Pencari" karya Elly Dzarrah.

Tak hanya Siti, Yana pun diminta bernyanyi. Ia pun menyanyikan lagu "Cinta" yang dipopulerkan Almarhum Chrisye.

Hari itu menjadi catatan sejarah perjalanan komunitas Manjing Manjang dalam kiprahnya. Komunitas yang mewadahi para penyair, pencinta literasi dan musisi balada ini genap berusia dua tahun pada 28 Desember 2019, tepat saat acara itu digelar.

Oded mengapresiasi kegiatan yang digelar komunitas ini. Sebab, nada-nada yang digubah oleh para musisi ini telah mewarnai industri musik Kota Bandung, bahkan Nusantara.

"Semoga Manjing Manjang menjadi komunitas musik yang mewadahi para musisi balada sehingga bisa terus berkreasi melahirkan musik-musik berkualitas yang membahana hingga ke Nusantara," ucap Oded dalam siaran persnya, Selasa (31/12/2019).

Sementara itu, Presiden Manjing Manjang Adew Habsta menginginkan agar komunitas-komunitas seperti Manjing Manjang bisa mengaktivasi ruang-ruang publik, seperti taman dan ruang kreatif lainnya untuk berkarya. Sebab, dia tahu bahwa Kota Bandung kaya fasilitas yang mendukung para seniman dan kreator seperti mereka.

"Saya berterima kasih kami bisa tampil di Taman Sejarah. Ini pertama kali buat kami. Kami berharap fasilitas publik lain dan juga gedung-gedung bisa kami manfaatkan juga untuk ruang berkarya," ungkap Adew yang langsung diiyakan oleh Oded.

Kendati sempat diguyur hujan, gelaran Hamba 2019 tetap berlanjut hingga pukul 21.00. Sejumlah musikus, penyair, dan seniman lainnya seperti Mukti Mukti, Panji Sakti, Rozensky, Iman Soleh, Bob Anwar, Hampir Sastra Indonesia, Kidung Saujana, Saddana, Jalu Kancana, dan Ully Do.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh Doddi Ahmad Fauji, Ganjar Noor, Ojel Veskil, Chandya, Maldy Gunawan, Rendy Bobo, Time to Wardoyou, Trisno Yuwono, Sajak Liar, KPPI, dan Asosiasi Literiasi Indonesia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4766 seconds (0.1#10.140)