DLH Kota Cimahi Tambah Personel Kebersihan pada Malam Tahun Baru

Senin, 30 Desember 2019 - 22:56 WIB
DLH Kota Cimahi Tambah Personel Kebersihan pada Malam Tahun Baru
Petugas kebersihan DLH Kota Cimahi membersihkan sampah di ruas jalan utama. Menjelang pergantian tahun, DLH Kota Cimahi menyiapkan 50 personel tambahan untuk membersihkan sampah. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
CIMAHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menyiapkan 50 personel kebersihan tambahan yang akan dikerahkan pada saat malam pergantian tahun. Mereka akan disebar di beberapa titik yang diprediksi menjadi pusat berkumpulnya massa untuk menyambut Tahun Baru 2020.

Kepala DLH Kota Cimahi Mochammad Ronny mengatakan, personel tambahan itu akan bersinergi dengan petugas kebersihan tetap seperti Tim Kesana-kesini (Takesi) dan petugas kebersihan lainnya yang dikelola Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kebersihan pada DLH.

"Petugas tambahan yang sebanyak 50 personel ini di luar petugas reguler yang biasa bertugas. Mereka bersinergi dan saling bantu dengan petugas di lapangan dalam menjaga keberaihan," tuturnya, Senin (30/12/2019).

Dia menyebutkan, petugas kebersihan tetap yang biasa membersihkan sampah di Kota Cimahi ada 174 personel. Jika diakumulasikan dengan personel tambahan, maka kekuatannya totalnya menjadi 224 personel. Jumlah itu dinilai cukup dan mereka akan bersiaga menyapu sampah saat pergantian malam Tahun Baru.

Personel tambahan ini akan memulai tugas mereka dari mulai pukul 19.00 WIB malam pergantian tahun baru sampai selesai. Nanti setelah tugas mereka beres kemudian bakal disambung oleh petugas yang tetap. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tumpukan sampah biasanya banyak terlihat di pusat keramaian. Namun sebelum malam pergantian tahun, pihaknya menerjunkan terlebih dahulu Tim Patih untuk mengimbau agar masyarakat tak membuang sampah sembarangan.

"Yang jadi pusat perhatian adalah kawasan Alun-alun Cimahi, pusat-pusat kermaian seperti pasar dadakan, dan kawasan di sekitar Pemkot Cimahi," ujar dia.

Sementara itu Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengimbau, kepada masyarakat Cimahi yang akan memeriahkan malam pergantian tahun agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu masyarakat juga diminta agar tidak berlebihan saat memeriahkan malam pergantian tahun baru. Termasuk menghindari mengonsumsi minuman keras (miras).

"Kalau mau merayakan jangan berlebihan, tidak berhura-hura, dan tetap jaga kebersihan. Lebih disarankan dan diutamakan diisi dengan kegiatan di masjid dan membaca doa," tutur Ngatiyana.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6792 seconds (0.1#10.140)