alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aksi Bersihkan Sampah di Gorong-Gorong Viral, Mang Uha Diberi Hadiah Sepeda

Arif Budianto
Aksi Bersihkan Sampah di Gorong-Gorong Viral, Mang Uha Diberi Hadiah Sepeda
Istimewa

BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial mendatangi kediaman Mang Uha, warga Cicadas, Kota Bandung, Jawa Barat yang videonya saat masuk ke gorong-gorong untuk membersihkan sampah menjadi viral. Mang Oded datang didampingi pejabat Pemkot Bandung lainnya, Senin (30/12/2019).

Oded datang untuk mengucapkan terima kasih kepada Mang Uha dan temannya, atas tindakan mereka membersihkan selokan yang mampet. Padahal, kondisi air di selokan sangat kotor dan pekat.

"Saya datang ke sini membawa sedikit sembako buat mereka berdua. Kemudian ada kadedeuh (uang) juga. Saya juga memberi dua sepeda buat mereka, nanti mereka langsung ambil di Pendopo," kata Oded.



Menurut Oded, kedatangannya merupakan bentuk kebahagian atas partisipasi warga ikut menjaga lingkungan. Menurutnya, banyak warga Bandung yang baik dan saleh, serta menjaga lingkungan.

"Saya terharu melihat mereka di YouTube, makanya saya datang ke sini. Saya hanya ingin sampaikan ucapan terima kasih kepada mereka berdua, kepada semuanya juga," jelas dia.

Dia berharap, kejadian ini menjadi pelajaran buat semua warga Bandung untuk menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di saluran air.

"Bagi kami Pemerintah Kota Bandung, menjadi cambuk semua bagi ASN agar lebih perhatikan lingkungan. Apalagi ada kepolisian dari mayarakat seperti itu," ujarnya.

Sementara itu, Mang Uha mengaku tindakannya dilakukan karena melihat selokan yang mampet. Kedalaman saluran air mencapai 4 meter. Dia hanya berbekal tangga untuk mencapai titik yang tersumbat.

"Sebenarnya itu sudah sering saya lakukan, jadi sudah tahu di mana titik yang tersumbat. Di sana ada pasir, plastik, pembalut, celana dalam, dan lainnya," beber dia.

Dia mengaku tidak khawatir atas kondisi air yang sangat kotor. Dia pun tidak khawatir terserang penyakit, karena tindakan itu sudah sering dilakukan.



(zik)

preload video