Ridwan Kamil Minta ASN Pemprov Jabar Ikuti Gaya Kepemimpinannya

Senin, 17 September 2018 - 14:04 WIB
Ridwan Kamil Minta ASN Pemprov Jabar Ikuti Gaya Kepemimpinannya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Apel ASN di lingkungan Pemprov Jabar, Senin (17/9/2018). Foto/ Istimewa
A A A
BANDUNG - Dengan mengenakan kemeja Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin apel aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar, Senin (17/9/2018).

Sejak dilantik sebagai orang nomor satu di Jabar, ini merupakan kali pertama Ridwan Kamil memimpin apel para bawahannya itu. Dalam arahannya, Ridwan Kamil meminta agar seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jabar menyesuaikan diri dengan gaya kepemimpinannya.

"Ini apel pertama saya sebagai Gubernur untuk memberikan arahan terkait apa saja yang harus dicermati selama lima tahun ke depan," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

"Setiap pemimpin memiliki gaya, metode, dan kebiasaan yang berbeda. ASN harus seperti air, menyesuaikan dengan bentuk tempatnya berada, artinya ikuti gaya pemimpinnya," jelasnya.

Emil menegaskan, ASN harus cepat dalam bekerja melayani masyarakat. Tidak hanya itu, ASN juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, seperti memanfaatkan teknologi informasi, responsif, dan profesional.

"Bapak, Ibu yang masih gaptek (gagap teknologi) harus belajar lagi karena rakyat sekarang makin canggih. Itulah kenapa saya punya media sosial. Isinya pemberitaan positif, menjawab pertanyaan warga, mem-posting kegiatan, mengedukasi dengan nasihat," papar Emil.

Bahkan, Emil pun berharap para ASN Pemprov Jabar juga mengikuti kebiasaannya bersepeda saat pergi dan pulang kantor. Menurutnya, kebiasaan itu dapat membuat tubuh sehat dan bugar, sehingga kewajiban PNS untuk melayani masyarakat pun dapat optimal. "Saya sering naik sepeda sampai sekarang, mari sama-sama kita lakukan," ajaknya.

Emil menerangkan, kinerja ASN diukur oleh tiga nilai, yaitu integritas, profesionalisme, dan keikhlasan melayani. Karenanya, dalam waktu dekat, Emil berencana mengirim sejumlah ASN untuk belajar ke luar negeri secara bertahap seperti yang sudah dilakukannya saat menjadi Wali Kota Bandung.

"Saya dengan jaringan yang saya bangun sudah mengirim ASN ke Amerika untuk kursus. Insya Allah sekarang sebagai Gubernur pun sebagai rasa sayang pada profesionalitas ASN, saya akan bikin program itu. Terdekat ke Singapura dulu setiap berapa waktu sekali, Insya Allah ini supaya naik kelas," jelasnya.

Selain untuk ASN, Emil juga berpesan kepada para petugas Keamanan Dalam (Kamdal) Gedung Sate untuk lebih ramah kepada masyarakat. Sebab, dirinya telah mencanangkan akan menata Gedung Sate menjadi kawasan lebih ramah wisatawan, agar Gedung Sate lebih banyak dikunjungi wisatawan.

"Gedung Sate akan diutak-atik menjadi kawasan lebih ramah wisatawan karena ini rumah rakyat juga. Untuk itu, Kamdal harus lebih ramah senyum, tapi juga tegas," pintanya.

Apel ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa, dan para pejabat eselon II. Di pengujung apel, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menyalami para ASN yang tengah berbaris sebagai tanda perkenalannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0555 seconds (0.1#10.140)