Sidak di Terminal Harjamukti Cirebon, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan

Kamis, 26 Desember 2019 - 19:03 WIB
Sidak di Terminal Harjamukti Cirebon, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan
Petugas gabungan menggelar sidak di Terminal Harjamukti. Foto/INEWSTV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon, dan Polres Cirebon Kota menggelar inspeksi mendadak (sidak) dan tes urin awak bus di Terminal Harjamukti, Kamis (26/12/2019).

Dari pemeriksaan ini, petugas menemukan sejumlah bus tidak layak jalan dengan kondisi ban gundul, wiper dan palu pemecah kaca tidak berfungsi, tak dilengkapi sabuk pengaman dan alat pemadam kebakaran ringan (Apar). Beberapa bus di antaranya juga mengalami kerusakan di bagian lampu-lampu dan wiper.

Akibat pelanggaran itu, petugas menegur sopir dan pengelola bus untuk segera mengganti kerusakan guna mencegah terjadinya kecelakaan selama libur sekolah, Natal dan Tahun Baru.

Sidak dilakukan petugas gabungan terhadpa 30 bus yang sedang berada di area terminal. Bus-bus itu diperiksa satu persatu kondisinya mulai dari kondisi ban, fungsi kemudi, lampu-lampu, wiper, sabuk pengaman hingga palu pemecah kaca. Selain itu, petugas juga memeriksa kelengkapan surat bus antarkota dalam provinsi (AKAP) itu.

"Inspeksi mendadak di Terminal Harjamukti ini dilakukan untuk mengurangi fatalitas kecelakaan yang dialami moda transportasi darat, khususnya bus. Kami meminta pengelola bus untuk selalu mengontrol kondisi sopir dan bus agar selalu dalam keadaan prima," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy.

Selain melakukan pengecekan kondisi kendaraan, ujar Roland, petugas juga memeriksa urin sopir dan awak bus untuk memastikan mereka tak terpengaruh obat terlarang dan alkohol. "Kami akan melakukan pengecekan kondisi bus dan sopir secara berkala untuk memberikan kenyamanan para penumpang selama dalam perjalanan," ujar Kapolres.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5694 seconds (0.1#10.140)