Polda Jabar Gelar Salat Gerhana Matahari di Masjid Al-Amman

Kamis, 26 Desember 2019 - 18:08 WIB
Polda Jabar Gelar Salat Gerhana Matahari di Masjid Al-Amman
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan jajaran melaksanakan salat gerhana matahari. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, para pejabat utama, perwira, bintara, dan aparatur sipil negara (ASN) Polda Jabar melaksanakan salat gerhana matahari di Masjid Al-Amman Mapolda Jabar, Kamis (26/12/2019).

Salat gerhana matahari tersebut dipimpin oleh imam dan khatib Dr H Tb Ahmad Sarbini MAg yang merupakan Dekan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Dalam khotbahnya, Tb Sarbini mengatakan, gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menunjukan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

"Seperti telah ditegaskan oleh Rasulullah bahwa gerhana tidak ada hubungannya dengan peristiwa-peristiwa tertentu, seperti lahirnya seseorang, wafatnya seseorang, dan lain-lain," kata Sarbini.

Sarbini mengemukakan, Nabi Muhammad SAW bersabda, apabila melihat gerhana, kaum muslimin sangat dianjurkan untuk melaksanakan amalan-amalan utama dengan memperbanyak zikir dan membaca takbir sebagai simbol untuk selalu ingat dan memperkuat keimanan kepada Allah SWT.

"Melakukan salat gerhana adalah wujud ketaatan dan ketundukan kepada Allah SWT. Untuk itu selaku umat Islam, harus memperbanyak doa, memohon ampunan, dan bertaubat kepada Allah SWT sebagai simbol pengakuan manusia akan segala kelemahannya," ujar Sarbini.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9264 seconds (0.1#10.140)