Gempa Mengguncang Sukabumi, Ini Penjelasan BMKG

Kamis, 26 Desember 2019 - 15:59 WIB
Gempa Mengguncang Sukabumi, Ini Penjelasan BMKG
Gempa mengguncang Sukabumi, Kamis (26/12/2019). BMKG
A A A
BANDUNG - Sebelah selatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa tektonik 5,0 skala richer. Gempa tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 14.22.07 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.06 LS dan 106.82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 121 km arah Selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 50 km.

Hasil analisis BMKG menunjukkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sukabumi III-IV MMI, Pangalengan dan Cimahi II MMI. Sementara, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata dia dalam siaran persnya, Kamis (26/12/2019). (Baca Juga: Sukabumi Diguncang Gempa, Warga: Terasa Sekali Goyangannya).

Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6651 seconds (0.1#10.140)