Lembang Macet, Polisi Terapkan One Way di Persimpangan Betrix

Rabu, 25 Desember 2019 - 18:41 WIB
Lembang Macet, Polisi Terapkan One Way di Persimpangan Betrix
Persimpangan Betrix di depan Grand Hotel Lembang yang menjadi pertemuan antara kendaraan dari arah Bandung dan Cimahi kerap dilanda kemacetan seperti yang terjadi pada Libur Natal, Rabu (25/12/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Meningkatnya volume kendaraan menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada libur Natal 2019, Rabu (25/12/2019), membuat petugas memberlakukan rekayasa jalan one way di kawasan Jalan Grand Hotel, Lembang.

Hal ini untuk menghindari terjadinya kemacetan parah karena antrean kendaraan yang cukup panjang dari wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di kawasan Lembang.

Seperti yang terpantau di persimpangan Betrix, Lembang, yang mempertemukan arus kendaraan dari wilayah Setiabudi-Parongpong-Lembang, Rabu (25/12/2019).

Kendaraan dengan pelat nomor luar Bandung tampak berseliweran dan didominasi menuju kawasan Maribaya menuju objek wisata The Lodge atau Cikole ke arah TWA Gunung Tangkubanparahu.

Antrean kendaraan dari arah Kota Bandung mengular sejauh dua kilometer mulai jalan Setiabudi hingga pintu masuk obyek wisata The Great Asia Afrika dan Farmhouse.

Sementara dari arah Subang kemacetan sejauh empat kilomeer dimulai dari pintu masuk TWA Tangkuban Parahu hingga pintu masuk obyek wisata Floating Market.

KBO Lantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar mengatakan, naiknya volume kendaraan karena hari ini bertepatan dengan tanggal merah libur Natal.

Mereka didominasi oleh bus-bus pariwisata dan kendaraan pribadi berpelat nomor luar daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah dan Sumatera. Guna memecah antrean kendaraan maka pihaknya memberlakukan one way khusus di Jalan Grand Hotel, Lembang.

"Sejak pagi hingga siang volume kendaraan cukup tinggi. Menjelang sore hingga petang kami antisipasi untuk arus balik wisatawan yang hendak pulang," ucapnya saat ditemui di persimpangan Betrix, Rabu (25/12/2019).

Pihaknya memberlakukan sistem one way untuk mengurai kemacetan di kawasan Betrix tersebut. Jika nantinya dipersimpangan Betrix ke arah Farm House sudah mengalami kemacaten dan ekornya sudah sampai ke Betrix, maka kendaraan akan alihkan ke Jalan Kolonel Masturi, Cihideung, atau Cisarua untuk seterusnya keluar dari Cimahi atau Padalarang.

"One way di sini (Betrix) kami lakukan jika kemacetan sudah parah. Biasanya durasinya sekitar 15 menit sekali," pungkasnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3817 seconds (0.1#10.140)