Saung Eurih, 'Universitas Alam' bagi Berbagai Komunitas

Minggu, 16 September 2018 - 06:15 WIB
Saung Eurih, Universitas Alam bagi Berbagai Komunitas
Saung Eurih yang terletak di Blok Margaluyu, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Majalengka ini tak ubahnya sebuah universitas alam bagi berbagai macam komunitas. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Dalam beberapa tahun terakhir, keberadaan komunitas di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mulai bergeliat. Hal serupa juga terjadi untuk ruang tempat para komunitas itu berkreasi.

Saung Eurih adalah salah satu dari sedikit tempat yang menjadi 'panggung' bagi berbagai komunitas untuk menularkan ide-ide kreatifnya. Muncul sejak sekitar 2007, kini Saung Eurih yang terletak di Blok Margaluyu, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Majalengka itu tak ubahnya sebuah universitas alam bagi berbagai macam komunitas.

"Saung Eurih adalah ruang, ruang kesepakatan untuk berproses. Apa pun itu prosesnya," kata Kuwu Saung Eurih Eman Kurdiman saat berbincang dengan SINDOnews.

Ketika tempat-tempat lain lebih memfokuskan diri untuk berproses, menggali satu bidang kreativitas tertentu, tidak demikian dengan Saung Eurih. Sebagaimana halnya sebuah ruang, Saung Eurih merupakan tempat untuk beragam komunitas menggali, mengaktualisasi diri, tanpa ada sekat dan batasan.

"Di sini, mereka bebas berdaya untuk menjaga impiannya. Bukan menggapai impian, tapi menjaga impian untuk tetap ada," jelas dia.
Saung Eurih, 'Universitas Alam' bagi Berbagai Komunitas

Dalam perjalanannya, Saung Eurih telah menjadi saksi bisu bagaimana sejumlah komunitas melakukan proses. Mengolah sampah menjadi barang siap pakai adalah salah satu hasil proses yang tercipta dari Saung Eurih itu.

"Mengolah sampah jadi bensin, pada tahun 2013. Setiap isu dalam konteks usaha di zamannya, kami lakukan," ujarnya.

Kini, seiring berjalannya waktu, Saung Eurih pun semakin menunjukkan fungsinya sebagai universitas alam. Workshop, pelatihan, hingga pertunjukan, adalah beberapa hal yang tersaji di Saung Eurih.

"Ada (komunitas) Teman Sepaham yang berdiskusi, ada (komunitas) Konser Kampung yang eksis dalam pertunjukan, dan lain-lain. Berbagi dengan teman-teman yang beraktivitas, karena kita adalah ruang. Bersama-sama berproses melihat Majalengka ke depan bagaimana," jelas dia.

Untuk mendukung hal itu, di Saung Eurih pun terdapat beberapa bangunan yang bisa digunakan sebagai aula maupun ruangan untuk sekadar istirahat. Selain itu, jika ada yang ingin berdiskusi santai, terdapat beberapa titik yang bisa digunakan oleh para komunitas yang datang ke sana.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1975 seconds (0.1#10.140)