alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pastikan Natal Aman, Polsek Kota Karawang Sterilisasi Gereja

Nilakusuma
Pastikan Natal Aman, Polsek Kota Karawang Sterilisasi Gereja
Petugas Jibom dari Brimob Polda Jabar diterjunkan menyisir sejumlah gereja besar di pusat Kota Karawang. Foto/SINDOnews/Nilakusuma

KARAWANG - Personel Polsek Kota Karawang dan Unit Jibom Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di pusat kota Karawang untuk pengamanan ibadah Natal.

Kegiatan sterilisasi itu bertujuan untuk mengantisipasi aksi teroris sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terutama umat Nasranai yang merayakan Natal 2019. Tiga gereja besar di pusat kota Karawang yang dilakukan sterilisasi, yaitu Gereja Raja, Gereja Emanuel, dan Gereja Sion. 

Unit Jibom (penjinak bom) Polda Jabar melakukan sterilisasi setiap gereja menggunakan alat pendeteksi berupa metal detektor dan cermin untuk memastikan keamanan gereja. "Kami melakukan penyisiran gereja yang ada di wilayah hukum Polsek Kota Karawang untuk memastikan pelaksanaan ibadah Natal berlangsung kondusif. Mengantisipasi aksi teroris, kami juga dibantu dari Unit Jibom Polda Jawa Barat untuk memeriksa setiap sudut gereja. Harapannya ibadah Natal dapat berlangsung hikmat tanpa gangguan apapun," kata Kapolsek Kota Karawang Kompol Iwan Ridwan, Selasa (24/12/2019).



Dari hasil penyisiran, ujar Iwan, petugas tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan di dalam tiga gereja tersebut. Meski begitu polisi tetap melakukan pengamanan hingga perayaan Natal selesai. "Kami menerjunkan anggota untuk menjaga ibadah Natal dis etiap gereja hingga selesai. Selain itu, di luar, sekitar gereja juga kami tempatkan petugas guna memastikan semua aman," ujar Kapolsek.

Seusai melakukan sterilisasi, tutur Iwan, setiap gereja ditempeli stiker sebagai tanda kalau gereja tersebut sudah steril atau aman. Hal ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan beribadah di gereja.

Selain pengamanan Natal, Polsek Kota Karawang juga melakukan pengamanan untuk perayaan Tahun Baru. "Konsentrasi massa akan bertumpuk di pusat kota Karawang. Jadi kami sudah menganstisipasi sebelumnya agar masyarakat bisa merayakan tahun baru dengan aman dan nyaman," tutur Iwan.



(awd)

preload video