Sehari Jelang Natal, Tim Jibom Brimob Polda Jabar Sterilisasi Gereja

Selasa, 24 Desember 2019 - 15:04 WIB
Sehari Jelang Natal, Tim Jibom Brimob Polda Jabar Sterilisasi Gereja
Tim Jibom Brimob Polda Jabar menyisir altar Gereja Katedral Santo Petrus Bandung. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi gereja-gereja di Kota Bandung. Salah satu gereja yang jadi fokus sterilisasi adalah Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Selasa (24/12/2019).

Personel Jibom Brimob menggunakan alat metal detector dan mirror detector, melakukan penyisiran mulai dari luar hingga ke dalam gereja. Mereka menyisir setiap sudut gereja. Penyisiran dipimpin oleh Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polrestabes Bandung AKBP Widodo.

Setelah penyisiran dilakukan, kemudian tim dari Pengamanan Objek Vital (PAM Obvit) Polda Jabar memasang secdoor di pintu-pintu gereja.

"Ini bentuk dari pemenuhan SOP (standar operasional prosedur) yang harus dilaksanakan oleh kepolisian agar lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan Natal sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat," kata Widodo seusai penyisiran.

Widodo mengemukakan, penyisiran dilakukan di 12 gereja prioritas yang memiliki jemaat banyak di Kota Bandung. Selain telah dilakukan penyisiran pihak kepolisian juga akan menempatkan personel pengamanan. Pola pengamanan dilaksanakan secara terbuka dan tertutup.

"Ada tiga ring pengamanan, mulai dari area dalam atau ring satu, area di sekitar luar ring dua, dan lalu lintas ring tiga. Jumlah personel yang disiapkan di masing-masing gereja berbeda tergantung jumlah jemaatnya," ujar Kabag Ops.

Yang pasti, tutur Widodo, personel yang berjaga di setiap gereja nanti akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap jemaat yang datang.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi siap mengamankan perayaan Natal di seluruh gereja di Jawa Barat. Pernyataan itu disampaikan Kapolda seusai melaksanakan kegiatan pengecekan pengamanan lokasi Gereja Katedral Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

"Polri dalam hal ini Polda Jabar siap mengamankan perayaan Natal bagi umat Nasrani di gereja. Seluruh lapisan masyarakat diimbau menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing masing," kata Rudy.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.7758 seconds (0.1#10.140)