Alumnus ITB Juara I Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Senin, 23 Desember 2019 - 23:47 WIB
Alumnus ITB Juara I Sayembara Desain Ibu Kota Baru
Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga salah seorang juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB), Sibarani Sofian dari Urban+ dengan konsep desainnya yang diberi judul "Negara Rimba Nusa" memenangi Sayembara Desain Ibu Kota Baru.

Informasi tentang pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru itu disampaikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga salah satu juri sayembara tersebut.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, lewat desaini, Sibarani Sofian dan tim mencoba menampilkan konsep ibu kota yang ramah lingkungan, namun tetap modern dan berbasis smart city.

"Desain sudah diputuskan, pemenangnya Urban+ ya, alumni ITB. Namanya Sibarani Sofian dan tim," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (23/12/2019).

Menurut Emil, desain Negara Rimba Nusa tersebut juga disukai Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi tertarik dengan sejumlah indikator yang ditawarkan dalam desain tersebut, di antaranya efisiensi lahan dan maksimal dari segi fungsi.

"Desainnya menurut Presiden sangat lengkap. Lengkap itu, satu punya keberfungsian yang bisa dipertanggungjawabkan, lahannya tak terlalu besar, dan efisien," ujar dia.

"Kemudian, yang disukai Presiden karena punya identitas ke-Indonesiaan. Dia punya danau pancasila dimana di danau itu ada sila-sila dalam bentuk bangunan dan kegiatan," tutur Emil.

Indikator lain adalah adanya koridor monumental ibu kota yang dianggap penting. Terlebih, dalam desain ibu kota baru yang berdiri di atas lahan seluas sekitar 40.000 hektare itu, posisi istana berada di sebuah bukit yang sudah dipilih Presiden Jokowi.

Hal lainnya, yakni unsur perkotaan berkonsep menyatu dengan alam menjadi poin plus dibalut dengan sifat kontekstual memasukan unsur air, hutan, dan pelestarian fauna.

"Terakhir, dia mendesain dengan urban sistem yang jauh lebih baik daripada kota yang ada di Indonesia. Semuanya bisa jalan kaki, semuanya smart sistemnya, komposisi ada central park jadi desainnya juara memang," ungkap Emil.

Diketahui, Kementerian PUPR telah mengumumkan lima pemenang sayembara desain terbaik yang dikategorikan menjadi juara harapan dan juara terbaik, Senin (23/12/2019).

Kelima pemenang ini berhasil menyisihkan 287 peserta lainnya dari tahap pengiriman karya hingga penilaian akhir.

Berikut rincian pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru:
Juara I: Nagara Rimba Nusa
Juara II: The Infinite City
Juara III: Seribu Galur
Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa
Juara Harapan II: Banua Rakyat
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5960 seconds (0.1#10.140)