Melihat Parade Hasil Bumi dan Sajian Degung Iwung di Dusun Bambu

Senin, 23 Desember 2019 - 10:26 WIB
Melihat Parade Hasil Bumi dan Sajian Degung Iwung di Dusun Bambu
Parade Hajat Bumi serta penampilan musik tradisional dan modern dari para siswa SMAN 1 Lembang menjadi event yang bisa dinikmati wisatawan saat libur akhir tahun di Dusun Bambu. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Dusun Bambu Family Leisure Park di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mendapatkan hiburan ekstra dengan digelarnya Hajat Bumi. Selain itu turut ditampilkan pula kesenian tradisional bertajuk Degung Iwung, bersama Saung Angklung Daeng Udjo dan pengisi acara dari berbagai sekolah di KBB.

Manager Restoran Purbasari, Dusun Bambu, Nadia Iwandha mengatakan, gelaran pesta Hajat Bumi ditampilkan setiap weekend yakni tanggal 21-22 dan 30-31 Desember 2019. Ini juga sebagai hiburan bagi pengunjung yang datang ke Dusun Bambu untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru. Diharapkan pengunjung merasakan atmosfer kearifan lokal yang begitu kental.

"Gelaran Hajat Bumi mengilustrasikan sebagai rasa syukur atas karunia sang pencipta. Makanya turut dibawa berbagai hasil bumi yang telah dipanen mulai dari gabah, pisang, ubi, dan lain-lain," sebutnya kepada wartawan, Minggu (22/12/2019).

Seperti Seren Taun di Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi, Hajat Bumi tersebut diisi dengan kegiatan arak-arakan hasil bumi masyarakat sekitar, terutama padi. Sejumlah warga mengenakan pakaian tradisional Sunda, sementara kegiatan ini juga diiringi dengan lantunan musik khas Jawa Barat. Selain merupakan ungkapan syukur terhadap hasil bumi, kegiatan ini untuk melestarikan budaya Sunda.

Menurutnya, sesuai dengan nilai dan visi-misi Dusun Bambu yang begitu konsen terhadap budaya lokal, event-event yang kental dengan kearifan budaya Sunda akan terus ditampilkan. Itu yang membedakan Dusun Bambu dengan objek wisata lain, sehingga bagi wisatawan yang ingin mencari tempat bersantai dengan suasana alam kaki pegunungan Gunung Burangrang, maka bisa menemukannya di tempat ini.

"Inilah yang pada akhirnya membuat Dusun Bambu mendapatkan penghargaan Indonesia Sustaniable Tourism Award (ISTA) 2019 dalam kategori Pelestarian Budaya dari Kementerian Pariwisata. Serta Asian Sustainable Tourism Award, di mana hanya ada dua objek wisata di Indonesia yang mendapatkannya, salah satunya Dusun Bambu," ungkapnya.

Sementara, pada gelaran Degung Iwung bersama Saung Angklung Daeng Udjo, tampil sejumlah dan pengisi acara dari berbagai sekolah di KBB. Di antaranya kolaborasi musik tradisional dan modern dari para siswa SMAN 1 Lembang. Kegiatan musikal tersebut ditampilkan di atas danau, sehingga pengunjung bisa berkeliling danau menggunakan sapan sambil menikmati alunan musik tradisional Sunda.

"Melalui kegiatan-kegiatan budaya, diharapkan pengunjung tidak hanya menikmati wisata, tetapi juga mengenal budaya daerah Sunda di Dusun Bambu,” pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0581 seconds (0.1#10.140)