3 Mahasiswa Unsika Dievakuasi dari Goa Lele Dalam Keadaan Meninggal

Senin, 23 Desember 2019 - 09:39 WIB
3 Mahasiswa Unsika Dievakuasi dari Goa Lele Dalam Keadaan Meninggal
Tim SAR gabungan mengevakuasi tiga mahasiswa Unsika dari Goa Lele. Ketiga korban meninggal dunia. Foto/Humas Basarnas Bandung
A A A
KARAWANG - Tim seach and rescue (SAR) gabungan berhasil mengevakuasi tiga mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang terjebak di Goa Lele, Kabupaten Karawang, Senin (23/12/2019) subuh sekitar pukul 04.25 WIB.

Ketiga korban, Erisa Rifan (20), Alief Rindu (19), dan Ainan Fatimatuzahro (19), dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia setelah hampir selama lebih dari delapan jam terjebak di dalam Goa Lele yang berada di Kampung Tanah Beureum, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan itu. Mereka merupakan anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Unsika.

Erisa Rifania dan Alief Rindu merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan Unsika yang berasal dari Bogor. Sedangkan Ainan merupakan Mahasiswa Fakultas Kesehatan dari Banjarnegara, Jawa Tengah. (BACA JUGA: Tiga Mahasiswa Unsika Terjebak di Goa Lele Karawang )

Kepala Kantor Basarnas Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, korban pertama yang berhasil dievakuasi adalah Erisa Rifan pada pukul 04.25 WIB. Korban Erisa ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kemudian, kata Deden, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban Alief Rindu pada pukul 05.30 WIB. Korban Alief juga telah meninggal dunia saat ditemukan.

"Terakhir korban Ainan Fatimatuzahro pada pukul 06.00 WIB berhasil dievakuasi tim SAR gabungan, juga meninggal dunia. Seluruh korban kemudian dibawa ke RSUD Karawang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Deden dalam rilis Humas Basarnas Bandung, Senin (23/12/2019).

Deden mengemukakan, unsur SAR yang terlibat antara Basarnas Bandung, KPP Bandung, Polres Karawang, Kodim 0604 Karawang, BPBD Karawang, Damkar Karawang, Dinas kesehatan Karawang, Mapala Uniska, RMI Karawang, KRI karawang, dan masyarakat setempat.

Berdasarkan laporan yang diterima Kantor Search and Rescue (SAR) atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, sebelum kejadian terjebak di Goa Lele, mereka bersama anggota Mapala Unsika lainnya sedang melaksanakan pendidikan lanjutan organisasi di goa tersebut.

Di tengah kegiatan, sekitar pukul 13.00 WIB, turun hujan deras mengguyur lokasi kejadian dan mengakibatkan tersisa tiga orang terjebak di Goa Lele. Korban panik saat air masuk ke dalam goa dan kehabisan oksigen di dalam goa. Ketiga korban cukup lama terjebak di dalam gua sampai berhasil dievakuasi.

Kantor Basarnas Bandung menerima informasi tiga mahasiswa Unsika terjebak di Goa Lele dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang sekitar pukul 21.00 WIB.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2574 seconds (0.1#10.140)