alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KAI Tawarkan Solusi ARRT Atasi Kemacetan Bandung

Arif Budianto
KAI Tawarkan Solusi ARRT Atasi Kemacetan Bandung
Dirut PT KAI Edi Sukmoro saat memberikan keterangan terkait solusi mengatasi kemacetan di Kota Bandung dengan moda transportasi ARRT. Foto/SINDONews/Arif Budianto

BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan solusi mengatasi kemacetan kepada Pemerintah Kota Bandung, melalui penggunaan moda transportasi berbasis kereta api autonomous rail rapid transit (ARRT).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, kemacetan di Kota Bandung saat ini harus sudah dicarikan solusinya. Volume kendaraan meningkat tajam saat weekend, mengakibatkan ruas utama di kota ini mengalami kemacetan cukup parah.

“Kami mencoba membantu mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Bisa membuat kereta ringan atau sistem transportasi baru ARRT. Sistem ini bagus dan murah,” kata Edi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, moda transportasi asal China ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki moda transportasi massal lainnya. Mencakup efisien, murah, dan hemat energi. ARRT menggunakan tenaga baterai yang bisa diisi sambil naik dan turunkan penumpang.

Dengan pengisian 10 menit, kereta api ARRT tersebut mampu berjalan 25 kilometer. “Kereta ini tidak menggunakan besi. Tapi pakai tract virtual sehingga lebih murah. Daya tampung satu wagon bisa 100 pram. Kalau empat wagon, bisa 400 orang,” ujar dia.

Namun demikian, penggunaan moda transportasi kereta tersebut di Bandung perlu pembahasan lebih lanjut. Bandung tetap harus mencari moda transportasi yang menguntungkan dan mampu mengurai kemacetan.

Wali Kota Bandung Oded Danial mengatakan, moda tersebut bisa digunakan di beberapa jalan utama yang sering dilanda kemacetan. Seperti Asia Afrika, Cicaheum, Soekarno Hatta, dan lainnya. “Kalau ini jadi dipakai, ini tidak mengganti LRT, tapi menambah saja. Dari sisi harga juga murah,” kata Oded.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif