Personel Ditlantas Pandu Sopir-Penumpang Bus Lakukan Streching di Rest Area

Sabtu, 21 Desember 2019 - 18:42 WIB
Personel Ditlantas Pandu Sopir-Penumpang Bus Lakukan Streching di Rest Area
Personel Ditlantas Polda Jabar memberikan kopi gratis kepada pemudik di rest area Km 102A Tol Cipali. Foto/Ditlantas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar menyiagakan personel Polwan dan Polki memandu peregangan otot atau streching kepada sopir dan penumpang di rest area.

Layanan panduan peregangan otot dan kopi gratis dari Ditlantas Polda Jabar itu salah satunya tersedia di rest area Km 102 A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang masuk Kabupaten Subang.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi menegaskan bahwa layanan itu merupakan bentuk kepedulian Ditlantas Polda Jabar terhadpa keselamatan masyarakat yang sedang dalam perjalanan mudik libur sekolah, Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Gerakan stretching atau peregangan otot bagi para pengemudi dan penumpang yang memasuki rest area itu bisa menghilangkan kantuk atau lelah dalam perjalanan. Layanan ini telah dilaksanakan sejak Jumat 20 Desember 2019," kata Eddy.

Selain itu, ujar Eddy, Ditlantas Polda Jabar dan jajaran juga menyediakan pelayanan kopi gratis bagi masyarakat ketika beristirahat di rest area.

Menurut Eddy, gerakan peregangan otot yang dipandu oleh personel Polwan dan Polki serta penyediaan kopi gratis tersebut dimaksudkan untuk menekan angka kecelekaan yang banyak disebabkan oleh kantuk dan lelah.

“Kecelakaan banyak disebabkan karena pengemudi mengantuk, lelah dan sampai pada titik jenuh. Sehingga, perlu istirahat sejenak dan melakukan peregangan agar segar kembali. Hal ini juga mendorong agar masyarakat menjadi pelopor keselamatan,” ujar Eddy.

Dirlantas Polda Jabar menuturkan, selain itu, Ditlantas juga menugaskan petugas Patroli Jalan Raya (PJR) untuk mengimbau para pengemudi pada jam-jam rawan terutama pada dini hari untuk istirahat di rest area.

Sementara itu, Sabtu (21/12/2019), anggota Ditlantas Polda Jabar bersama Satlantas Polres Subang melaksanakan kegiatan berupa imbauan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas.

Pemberian imbauan kepada pengemudi dan penumpang bus itu dipimpin oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar AKBP Maria Horet Hera. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2019 untuk mengantisipasi kecelakaan akibat human error saat arus mudik Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

"Selain imbauan, personel Ditlantas Polda Jabar dan Polres Subang juga memandu penumpang dan sopir bus melakukan streching atau peregangan otot untuk menghilangkan kantuk dan lelah. Setelah itu penumpang dapat melanjutkan perjalanan dengan tubuh yang bugar kembali," kata Saptono.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3573 seconds (0.1#10.140)