NasDem Konsisten sebagai Partai Tanpa Mahar di Pilkada Serentak 2020

Jum'at, 20 Desember 2019 - 22:48 WIB
NasDem Konsisten sebagai Partai Tanpa Mahar di Pilkada Serentak 2020
Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa (kiri) didampingi Ketua DPD Partai NasDem KBB Aa Umbara Sutisna. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Partai NasDem akan tetap konsisten sebagai partai yang tidak membebankan mahar kepada para calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar) Saan Mustopa di sela kegiatan Refleksi dan Konsolidasi Partai NasDem Jabar 2019 di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (20/12/2019).

"Pilkada Serentak 2020 ada delapan kabupaten/kota di Jabar yang akan menggelarnya. Sebagai partai yang tidak mengajukan syarat mahar politik bagi calon kepala daerah, kami tetap akan konsisten dengan hal tersebut," kata Saan di sela kegiatan yang dihadiri anggota dewan tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional itu.

Melalui pola bebas mahar maka, ujar Saan, NasDem menargetkan kembali mengulang kenangan manis seperti di Pilkada Serentak 2018, di mana NasDem Jabar meraih kemenangan di 16 kabupaten/kota, ditambah gubernur. Apalagi di delapan kabupaten/kota itu juga ada kader-kader NasDem yang memang diproyeksikan untuk menjadi kepala daerah.

Saan menyebutkan, Pilkada Kabupaten Bandung dan Cianjur menjadi prioritas NasDem untuk dimenangkan. NasDem pun menjajaki kadernya untuk menjadi calon wakil bupati di Sukabumi dan calon wakil wali kota di Depok. Sambil mencari rekan koalisi partai, pihaknya tinggal menunggu survei dan pleno di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem. "Dua daerah jadi prioritas, Cianjur dan Kabupaten Bandung. Terlebih kami punya kader yang memang dari sisi elektabilitas dan sebagainya juga sangat memadai," ujar dia.

Selain itu agenda penting lainnya dalam konsolidasi ini, tutur Saan, adalah merencanakan penguatan struktur partai sampai tingkat desa/kelurahan di 2020. Pada konsolidasi tersebut turut dilakukan pembahasan terkait pembentukan dan penguatan struktur partai, dari tingkat DPW, Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC), sampai Dewan Pengurus Ranting (DPRt) di desa/kelurahan.

"Tahun depan kami fokus pada pembangunan infrastruktur partai, dalam rangka melengkapi seluruh struktur. Ketika struktur partai kuat, mengakar sampai ke tingkat bawah, maka dapat mengesampingkan dinamika politik yang tinggi di eksternal partai," tutur Saan.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengaku telah menyiapkan apa yang diisyaratkan oleh partai, yakni melakukan penguatan struktur partai. Mulai Januari 2020, NasDem Bandung Barat siap melaksanakan penguatan struktur hingga ke tingkat desa.

"Mulai Januari, sekitar 2-3 bulan ke depan, selesai sampai tingkat desa. Infrastruktur partai sudah kami siapkan, tinggal nanti siapa yang menjadi pengurus DPC, DPAC, DPRt," ungkap Bupati Bandung Barat ini.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.5952 seconds (0.1#10.140)