Hujan Tak Surutkan Semangat Peserta Aksi Peduli Uighur

Jum'at, 20 Desember 2019 - 16:00 WIB
Hujan Tak Surutkan Semangat Peserta Aksi Peduli Uighur
Peserta aksi membawa poster bentuk dukungan terhadap muslim Uighur. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Hujan yang mengguyur Majalengka, Jawa Barat, pada Jumat (20/12/2049) siang tidak menyurutkan puluhan warga Majalengka dalam menyampaikan kepeduliannya terhadap kondisi yang terjadi di Uighur. Kendati hujan turun cukup lama, pukul 13.30 sampai 14.30 WIB, massa bergeming.

Pantauan di lapangan, peserta aksi khususnya anak-anak tampak menggunakan jas hujan untuk melindungi tubuh mereka. Namun, sebagian besar tetap membiarkan badan mereka dibasahi oleh hujan yang sempat turun cukup deras.

Salah satu orator aksi, Agung mengatakan aksi tersebut sebagi bentuk desakan agar dunia bersikap atas kasus yang dialami muslim Uighur. "Kita mengecam keras kezaliman China terhadap Uighur. Jelas ini faktual, banyak yang menyampaikannya, baik media mainstream maupun bocornya dokumen rahasia pada 25 November 2019 yang lalu," kata dia.

Agung menjelaskan, menyikapi kondisi yang terjadi di Uighur, mutlak dibutukan kekuatan dunia untuk serius menekan China, agar bisa menuntaskan kasus tersebut.

"Kita nggak bisa diam. Kondisi seperti ini terus (terjadi), kemudian diam-diam malah mendukung Pemerintah China dengan alasan bahwa ini settingan Amerika dan sebagainya. (Harus) Menekan China untuk menuntaskan permasalahan ini," tegas dia.

Aksi yang antara lain mengatasnamakan Aliansi Perguruan Islam Majalengka dan sejumlah komunitas itu berlangsung hingga sekitar pukul 14.45 WIB dan berjalan dengan tertib.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5554 seconds (0.1#10.140)